Artikel

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa 

today13/10/2022

Background
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta

Bens Radio, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa (TMTB) pada 13 Oktober 2022. Selain meresmikan TMTB, Anies sekaligus berziarah ke tokoh penting bagi kota Jakarta yang berada di Tempat pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Selain terdapat pusara Fatmawati Soekarno, sejumlah tokoh bangsa yang dikebumikan di TPU Karet Bivak diantaranya adalah  MH Thamrin, Pramoedya Ananta Toer, H. Benyamin Sueb, Iswadi Idris,  Firman Muntaco,  Chairul Saleh,  Chairil Anwar, Ismail Marzuki, Natsir DT Sinaro Panjang, (11) Soerjadi Soerjadarma, Kusuma Atmadja,  Abu Hanifah, (14) Roehana Khoedoes, Iwa Kusuma Sumantri. 

Taman Makan Tokoh Bangsa

TMTB terdiri dari area galeri dengan luas 435 m2, merupakan ruangan  yang menampilkan informasi tokoh bangsa yang dimakamkan di area TPU karet Bivak dengan menggunakan media digital. Adapun dibangunnya TMTB ini bertujuan agar menjadi tempat, dan ruang publik yang dapat menghayati perjuangan dan semangat para tokoh-tokoh bangsa terdahulu untuk dapat diteruskan ke generasi mendatang.

Baca Juga : Sandiaga Uno Resmi Menutup Rangkaian AKI 2022

Dalam pidatonya, Anies menyampaikan kutipan yang pernah dikatakan oleh H. Benyamin Sueb sekaligus ditampilkan pada informasi digitalnya di TMTB, yaitu “Kepuasan adalah kemunduran”. Menurutnya, ungkapan tersebut sangat penting untuk direnungkan dalam suatu proses mencapai suatu prestasi agar tidak mudah merasa puas. Sebagaimana tercermin oleh semangat H. Benyamin Sueb dalam menghasilkan karya-karyanya.

Baca Juga : Tentang Bens Radio 106.2 FM

TMTB dibangun dengan konsep modern tropis dengan tetap menampilkan unsur-unsur kearifan lokal, dan bentuk arsitektur vernakular indonesia. Sedangkan interiornya, menggabungkan konsep modern minimalis, dengan komponen digital modern.

Selain Gubernur DKI Jakarta, peresmian TMTB ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian, jajaran undangan Putra/Putri/Cucu tokoh bangsa dan jajaran perangkat daerah lainnya. 

Written by: Dinda

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!