Kabar Anget

BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA Jakarta selatan Gelorakan Tanpa Henti Penanganan & Penyalahgunaan Peredaran Narkoba

today29/12/2023

Background

Bens Radio – Jelang Tutup tahun 2023, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan menggelar  capaian akhir tahun – refleksi 2023.   Dengan Tajuk ”Membumikan Semangat Menuju Jakarta Selatan Bersinar”. Penanganan penyalahgunaan dan perederan narkoba terus digelorakan, Demikian Optimisme Kepala BNNK Jakarta Selatan bang Gozali Ahmad dalam membuka acara Refleksi pencapaian akhir tahun BNNK Jakarta selatan, Kamis 28 Desember 2023 di Kantornya (Walikota Jakarta selatan).

Gelorakan Tanpa Henti Penanganan & Penyalahgunaan Peredaran Narkoba
BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA Jakarta selatan Gelorakan Tanpa Henti Penanganan & Penyalahgunaan Peredaran Narkoba

Kepala BNNK Jakarta Selatan Ahmad Gozali menambahkan, “BNNK Jaksel akan bekerja lebih keras untuk keluar dari kondisi darurat dengan melakukan berbagai upaya,  melalui Seksi Pencegahan dan Memperdayaan Masyarakat,” Acara refleksi akhir tahun ini juga selain dihadiri rekan-rekan Pers Juga dihadiri oleh Suban Kesbangpol Dirhamul Nugraha, Ketua FPK Fahmi Assegaf, dan Pengurus FKUB.

 

Berikut Capaian Kinerja BNN Kota Jakarta Selatan Tahun 2023 yang terbagi dalam 3 seksi dan Layanan Kehumasan :

 

  1. Seksi Pencegahan Dan Pemberdayaan Masyarakat (P2m).

Melalui seksi P2m, Bnn Kota Jakarta Selatan telah melakukan sosialisasi P4gn secara tatap muka di lingkungan pendidikan, masyarakat, instansi pemerintah, dan swasta, serta sebanyak 43.525 orang telah terpapar informasi. Selain itu juga telah dilaksanakan deteksi dini pada lingkungan pendidikan sebanyak 502 orang, pekerja 634 orang, dan masyarakat 30 orang.

Pada tahun 2023, Bnn Kota Jakarta Selatan membentuk kelurahan bersinar (bersih dari narkoba) berdasarkan pemetaan kawasan rawan narkoba di Kota Jakarta Selatan dan Keputusan Walikota Jakarta Selatan No. E-0051 tahun 2023, yaitu di Kelurahan Pela Mampang dan Kebayoran Lama Utara, dimana pada kedua kelurahan tersebut telah dilaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya untuk memberantas peredaran narkoba melalui kegiatan sosialisasi, pembentukan pegiat anti narkoba, dan pembentukan kader IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat).

Selain itu dibentuk program ketahanan keluarga di Kelurahan Cipete Utara dimana 10 keluarga diberikan edukasi dan pelatihan mengenai P4gn, Self Defense, Stress Relief, dan komunikasi efektif. Melalui program ini didapatkan hasil indeks 83.462 dengan kategori keberhasilan program tinggi. Program lainnya yaitu pembentukan ketahanan diri remaja yang diberi nama Ransel (Remaja Anti Narkoba Jakarta Selatan). Para Ransel diberikan pelatihan soft skill oleh Bnn Kota Jakarta Selatan agar bisa menyebarluaskan informasi P4gn di lingkungannya dan 1 (satu) orang Ransel pada tahun ini diundang oleh United Nations Office On Drugs and Crime (Unodc) untuk mengikuti kegiatan workshop penanggulangan permasalahan naroktika di Bangkok, Thailand.

Di bidang pemberdayaan masyarakat, Bnn Kota Jakarta Selatan telah membentuk 20 relawan dan 50 penggiat anti narkoba. Dari kegiatan yang dilakukan, didapatkan pengukuran indeks kemandirian masyarakat sebesar 3,21 dengan kategori mandiri dan melampaui target (3.1).

Seksi P2m Bnn Kota Jakarta Selatan melakukan terobosan inovatif hasil kolaborasi dengan Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Selatan dengan membentuk Program 6b (Nambe) yang merupakan penguatan pencegahan narkoba di masyarakat yang melibatkan unsur Fkdm Kota Jakarta Selatan. Selain itu dilakukan kegiatan door to door Bersinar. Yaitu program untuk menyebarluasakn informasi dan eukasi serta rehabilitasi dengan sistem “Jemput Bola” di 10 kecamatan wilayah Kota Jakarta Selatan. Pada tahun ini juga dilaksanakan Gema War On Drugs dalam rangka memecahkan rekor Muri dengan sasaran pelajar/guru (Dunia Pendidikan), masyarakat, PKK, pemerintah dan pihak swasta dengan total peserta sebanyak 18.045 peserta (tertinggi di wilayah DKI Jakarta).

 

  1. Seksi Pemberantasan

Sepanjang tahun 2023, Bnn Kota Jakarta Selatan telah melakukan pengungkapan sebanyak 2 kasus narkotika. Pada April Tahun 2023, Bnn Kota Jakarta Selatan berhasil menggagalkan perederan gelap narkotika jenis ganja, dengan menyita barang bkti berupa 1,4 (satu koma empat kilogram) ganja yang didistribusikan melalui jasa pengiriman paket di wilayah Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Informasi ini merupakan salah satu bentuk koordinasi erat antara Bnn Kota Jakarta Selatan dan Bnn Kabupaten Riau dalam informasi terkait jaringan peredaran gelap narkotika lintas provinsi. Bnn Kota Jakarta Selatan juga berhasil mlakukan pnangkapan terhadap 4 (empat) orang terasangka pada Juli tahun 2023 dengan barang bukti berupa narkotika jenis tembakau sintetis sebanyak 236 gram yang rencananya akan diedarkan di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam mengoptimalkan penegakan hukum bagi tndak tidana narkotika sekaligus sebagai upaya menekan angka permintaan, maka sepanjang tahun 2023 Bnn Kota Jakarta Selatan telah menyelesaikan layanan rehabilitasi bagi pencadu dan penyalahguna narkotika dalam proses hukum melalui mekanisme asesmen terpadu. Tim asesmen terpadu yang terdiri dari tim hukum dan tim medis telah memberikan layanan asesmeen terpadu bagi 240 pecandu / penyalahguna dalam proses hukum. Dari keseluruhan rekomendasi yang dikeluarkan, sejumlah 221 orang menjalani rehabilitasi, 10 orang menjalani rehabilitasi di dalam lapas, dan 9 orang lainnya tidak memiliki riwayat penyalahgunaan narkotika. Pada tahun 2023 Bnn Kota Jakarta Selatan berhasil memberikan layanan asesmen terpadu melampaui target tahunan yang hanya 160 orang.

Selain upaya pnegekan hukum dan layanan asesmen terpadu, seksi pemberantasan Bnn Kota Jakarta Selatan juga turut serta dalam sejumlah kegiatan operasi gabungan yang dilaksanakan oleh instansi samping. Seperti operasi gabungan tim pengawasan orang asing (Timpora) imigrasi Jakarta Selatan, dimana kegiatan ini merupakan wujud sinergitas antar lembaga untuk saling mendukung program kerja dan memastikan implementasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan perederan gelap narkotika (P4gn) warga asing.

 

  1. Seksi Rehabilitasi

Dalam melaksanakan layanan rehabilitasi, Bnn Kota Jakarta Selatan memiliki Klinik Pratama Swastinara yang didukung oleh 2 dokter, 2 perawat, dan 5 konselor adiksi. Sepanjang tahun 2023, tercatat sebanyak 284 orang klien telah mendapatkan layanan rawat jalan dimana didominasi oleh klien berjenis kelamin laki-laki sebanyak 263 orang.

Dari 284 orang tersebut, didapatkan infromasi kategori penggunaan aat terbanyak yaitu Shabu sebanyak 141 orang, Thc (Ganja) 84 orang, Tembakau Sintetis 54 orang, Ekstasi 12 orang dan zat lainnya 10 orang (Opiat 1 orang, tramadol 4 Orang, Lsd 1 urang, Benzodiazepine 4 orang). Bnn Kota Jakarta Selatan juga melaksanakan layanan pasca rehabilitasi terhadap 15 (lima belas) orang klien yang berasal dari unit intervensi berbasis masyarakat (Ibm) Kelurahan Kebayoran Lama Utara dan Pela Mampang.

Selain layanan rehabilitasi, Klinik Pratama Swastinara juga menyediakan layanan pembuatan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika (Skhpn) yang telah diakses sebanyak 175 orang.

Pada Tahun 2023, Bnn Kota Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi petugas rehabilitasi melalui bimbingan teknis kepada lembaga rehabilitasi instansi pemerintah (Lrip) dan komponen masyarakat (Lrkm). Dalam hal ini dilakukan bimtek Lrip kepada Puskesmas Kecamatan Tebet dan Cilandak, Bimtek Lrkm diberikan kepada Yayasan Cakra Sehati dan Mutiara Maharani.

Tak hanya itu, Bnn Kota Jakarta Selatan juga melaksanakan Program Intervensi Berbasis Masyarakat (Ibm) yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat sesuai dengan kearifan lokal dalam hal layanan rehabilitasi. Di tahun ini juga terdapat 2 (dua) unit Ibm yang terbentuk, yaitu “Pela Bersinar” di Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan sebanyak 5 (lLima) klien dan unit “Kelaut” di Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama sebanyak 10 (sepuluh) klien.

 

  1. Layanan Kehumasan

Pada layanan kehumasan, Bnn Kota Jakarta Selatan melakukan penyebaran informasi P4gn melalui akun media sosial diantaranya:
1. Instagram: @Infobnn Jaksel (8.238 Foliowers)
2. Facebook: Bnn Kota Jakarta Selatan (1.746 Pengikut)
3. X Twitter: @Bnnkjaksei (707 Pengikut)
4. Youtube: South Warrior Bnn (437 Subscribers)
5. Tiktok: @Bnnjaksel (799 Followers)

 

Selain itu, melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Bnn Kota Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan kehumasan dalam bentuk penyebaran informasi P4gn sebagai berikut:

  1. Pemutaran Mars Bnn Di Gedung Walikota Jakarta Selatan pada saat jam masuk kantor dan jam istirahat.
    2. Pelaksanaan Gema War On Drugs saat apel dan upacara di Gedung Walikota Jakarta Selatan
    3. Pemasangan spanduk P4gn di kecamatan dan kelurahan.
    4. Insert content P4gn pada video tron di Mall Gandaria City, Ptik, dan 10 tempat hiburan malam.

Menurut Gazali Ahmad, capaian Bnn Kota Jakarta Selatan selama tahun 2023 tidak lepas dari dukungan para stakeholder. Oleh kepala Bnn Kota Jakarta Selatan mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi atas segala upaya untuk mencegah dan memberantas peredaran gelap narkotika terutama di wilayah kota Jakarta Selatan.

Gazali Ahmad berharap, capaian kinerja tahun 2023 tersebut bisa terus ditingkatkan di tahun 2024, terutama bagi penggiat anti narkoba. Sehingga ‘Jakarta Selatan Bersinar” alias bersih dari narkoba bisa terwujud.  “Mari bersama-sama membumikan semangat menuju Jakarta Selatan bersinar,” pungkas Gazali Ahmad.

Written by: Denny Zay

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!