Sektor fashion & kuliner tetap berkembang di tengah pandemi

today01/10/2021

Background

20210903 104837 1

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sektor ekonomi kreatif tetap berpotensi untuk tumbuh dan berkembang meski di tengah pandemi COVID-19. Sandiaga mengatakan, jumlah kontraksi ekonomi kreatif tidak sedalam ekonomi lain.

Adapun beberapa sektor yang memiliki peluang untuk terus berkembang di tengah pandemi adalah kuliner, fashion , game hingga griya.

“Minus 2,5 persen dan ekspor minus 13 persen,berarti ada peluang untuk sektor andalan seperti kuliner, kriya, fashion, dan sektor prioritas seperti game dan aplikasi untuk tumbuh berkembang menciptakan peluang untuk anak muda,” kata Sandiaga Uno dalam webinar, Jumat.

Di samping itu, peluang usaha di ekonomi kreatif sangat beragam di mana lapangan kerja yang tercipta lebih dari 20 juta. Ini menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai penyumbang lapangan kerja terbesar di Indonesia, katanya.

Sandiaga menegaskan potensi pasar ekonomi digital di Indonesia besar, di mana total 175 juta pengguna internet didominasi anak muda.

Dia menyebut, pertumbuhan nilai e-commerce diperkirakan mencapai 53 miliar dolar AS pada 2025. Oleh karena itu, diperlukan konsolidasi dan kolaborasi pentahelix dari pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas dan media massa dalam strategi pengembangan ekonomi kreatif.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Neil Al Himam, menambahkan ekonomi digital memang sedang menjadi primadona. Indonesia memiliki perusahaan rintisan yang jadi unicorn yang punya valuasi di atas 1 miliar dolar Amerika Serikat, bahkan decacorn yakni valuasi minimal 10 miliar dolar AS. Platform digital dan perusahaan rintisan tersebut mulai mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini di mana berbagai kebutuhan bisa didapatkan secara praktis.

“Semua on demand, bisa diminta lewat gadget, semua sekarang lewat situ,” kata Neil.

Neil menambahkan, dunia ekonomi kreatif memberikan peluang untuk generasi muda yang ingin mencari pekerjaan maupun membuka lapangan usaha di bidang tersebut.

“Kita perlu banyak sekali talenta terutama untuk ekonomi digital dan kreatif yang bisa mengembangkan produk kreatif unggulan,” kata dia.

Baca juga: Subsektor game naik daun, pemerintah fokus pengembangan game lokal

Baca juga: Lima pembeda “Squid Game” dengan tontonan “survival” lain

Baca juga: Alchemy Stars Bahasa Indonesia resmi dirilis, raup 500 ribu pendaftar

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2429621/sektor-fashion-kuliner-tetap-berkembang-di-tengah-pandemi

Written by: admin


Previous post

pexels cottonbro 2925312

Pemerintah bantu promosi dan produksi film lokal

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membantu industri perfilman untuk mempromosikan serta memproduksi film di tengah pandemi yang membuat banyak produksi serta penayangan ditunda. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Neil Al Himam, mengatakan pihaknya baru meluncurkan program untuk promosi film panjang dalam bentuk bantuan pemerintah dari Pemulihan Ekonomi Nasional. "Tadi siang launching, diberikan ke 40 film panjang yang bisa dipromosikan sampai akhir tahun, filmnya […]

today01/10/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%