Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Perempuan miliki peranan penting dalam penanganan pandemi

Written by on 31/08/2021

WhatsApp Image 2021 08 30 at 19.44.49 1

Jakarta (ANTARA) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Fery Farhati menyatakan bahwa kaum perempuan memiliki peranan penting dalam penanganan pandemi COVID-19.

Menurut istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, kiprah perempuan tergambar dalam aktivitas Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta yang membantu penanganan pasien isolasi mandiri di lingkungan, sembari menjaga kesehatan keluarganya. 

Sebagai contoh salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah melakukan pendataan secara “door to door” untuk bisa mengetahui kondisi serta keadaan keluarga- keluarga yang ada di DKI Jakarta khususnya yang terdampak pandemi COVID-19.

“Mereka mendata keluarga-keluarga di Jakarta yang kemudian informasinya akan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk membuat kebijakan. Ibu-ibu PKK berhak mendapatkan predikat perempuan hebat Indonesia karena mereka adalah penopang kota Jakarta,” ujar Ketua TP PKK DKI Jakarta Fery Farhati dalam keterangannya, Senin.

Istri dari Gubernur DKI Jakarta itu pun memberikan apresiasi kepada seluruh Kader Dasawisma-nya karena ikut membantu masyarakat-masyarakat yang terdampak COVID-19 secara langsung baik secara ekonomi, maupun untuk penanganan pasien dan edukasi masalah COVID-19.

Salah satu peranan penting dari para ibu- ibu PKK di DKI Jakarta lainnya adalah mengedukasi para ibu atau wanita agar lingkup keluarga- keluarga bisa tetap menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti saat ini.

Ada pun materi yang dibagikan oleh para anggota TP PKK mengedukasi masyarakat menjaga imunitas dan kesehatan keluarga kepada para ibu di Jakarta adalah dengan menjaga pola makan keluarga dengan gizi sehat dan seimbang, mempraktekan protokol kesehatan dengan disiplin, maupun menjaga suasana rumahnya agar tetap berenergi positif.

Langkah- langkah itu bisa dilakukan oleh para ibu di rumah- rumah agar di tengah situasi yang sulit ini kondisi keluarga bisa tetap baik dalam segi kesehatan baik secara fisik dan mental.

Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Bunda yaitu dokter Cindiawaty Pudjiaji turut menambahkan agar kesehatan keluarga semakin optimal, ibu- ibu rumah tangga dapat menjaga nutrisi makanannya dengan memperhatikan beberapa kandungan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Kita perlu punya tameng yang dibutuhkan untuk melawan semua virus. Tamengnya itu merupakan nutrisi, makanan kita saat ini. Ada banyak nutrisi yang harus terpenuhi agar daya tahan tubuh tetap terjaga, seperti konsumsi nutrisi tinggi protein, antioksidan, dan vitamin D.” kata dokter Cindiawaty.

Dengan memperhatikan hal- hal tersebut maka peranan wanita di rumah menjaga keluarga bisa membantu pemerintah mempercepat penanganan dan pengendalian pandemi yang terjadi akibat virus SARS-Cov2.

Di samping hal- hal tersebut, mencintai diri sendiri juga perlu dilakukan oleh para ibu- ibu di rumah untuk tetap bisa kuat menjaga kesehatan keluarganya.

Aktris Senior Widyawati Sophiaan juga ikut membagikan pengalamannya saat pandemi COVID-19. Ia memberikan apresiasi pada dirinya dengan cara berolahraga dan terus menyiapkan nutrisi terbaik bagi tubuhnya.

“Banyak hal positif yang bisa dilakukan agar tetap aktif dan bugar, misalnya dengan memperhatikan pola makan setiap hari dan juga olahraga yang teratur. Nutrisi itu memang sangatlah penting supaya menjaga tubuh kita tetap aktif walaupun usia kita sudah tidak muda lagi. Untuk olahraga, tidak perlu yang terlalu berat. Kita bisa lakukan semua sesuai dengan usia kita,” ujar Widyawati.

​​​​​​​Baca juga: Anies minta RT hingga PKK pantau lansia untuk antisipasi COVID-19.

Ia memenuhi nutrisi lainnya lewat produk Entrasol Platinum sehingga meski sudah menginjak usia lanjut ia tetap bisa memenuhi nutrisi harian dengan optimal.

Entrasol Platinum, inovasi terbaru KALBE Nutritionals ini diformulasikan khusus dengan Pro-Fit Advance formula, nutrisi tinggi protein dengan ekstrak buah zaitun yang dilengkapi juga dengan kandungan serat, Omega 3 dan Omega 6, 11 vitamin dan 8 mineral, lebih rendah gula, serta rendah laktosa yang membuatnya lebih nyaman di perut. Nutrisi tinggi protein efektif untuk menjaga massa otot, meningkatkan imunitas, dan mempercepat masa pemulihan.

Ekstrak buah zaitun didalam Entrasol mengandung antioksidan dan anti inflamasi alami, meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat penuaan, melawan osteoporosis, membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler, dan membantu menjaga kelancaran peredaran darah. Dalam segelas Entrasol Platinum terkandung segala kebaikan ekstrak buah zaitun yang setara dengan 8 buah zaitun atau 8 sdm minyak zaitun.

Baca juga: Ketua Tim Penggerak PKK DKI tinjau RPTRA Kamal Bahari

Baca juga: RPTRA Jakarta diharapkan jadi laboratorium sosial PKK

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2360398/perempuan-miliki-peranan-penting-dalam-penanganan-pandemi


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments