ALL ARTIKEL

Musim Hujan, Waspada Nyamuk DBD

today09/12/2021

Background
aedes aegeypti
aedes aegeypti
Sumber Foto : https://www.ecdc.europa.eu/

Memasuki desember, tandanya sudah masuk Musim Hujan. Musim penghujan saat ini sedang berlangsung ditengah-tengah Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Selain kita mengantisipasi penularan Virus Corona, kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan, karena dikhawatirkan ada bencana lain akan datang.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar Abang none tak terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh serangan nyamuk, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah Penyakit demam berdarah, demamnya didapati melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dengan bintik hitam putih pada tubuh sang nyamuk.

Air hujan yang menggenang bisa berbahaya karena akan membuat sarang untuk nyamuk berkembang biak. Banyak jenis nyamuk yang harus diwaspadai oleh masyarakat di musim hujan, terutama nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan nyamuk berkembang biak di sekitar rumah saat musim hujan dilansir dari Cnnindonesia.com

Cara Menghentikan Nyamuk Berkembang Biak Saat Musim Hujan

1. Hindari genangan air

Jangan menyimpan air di bak atau tempat lain di rumah. Kosongkan bak atau tempat penampungan air yang tidak tertutup agar nyamuk tidak bertelur di genangan tersebut.

2. Gunakan semprotan serangga

Dilansir dari India Today, menggunakan semprotan nyamuk cukup efektif di musim hujan. Ini adalah salah satu cara tercepat menghentikan penyebaran nyamuk di rumah.

3. Perangkap nyamuk

Nyamuk bisa dibunuh dengan perangkap serangga listrik. Perangkap nyamuk menarik, mengendalikan, dan membunuh serangga terbang secara instan. Tegangan listrik yang ada di dalamnya bisa membunuh nyamuk yang masuk perangkap

Baca Juga Abang None :  Menteri Teten: 15,9 juta UMKM sudah terhubung dengan ekosistem digital

4. Rutin bersihkan talang air

Membersihkan talang air memang penting dilakukan, terutama saat musim hujan. Jangan sampai ranting dan puing-puing jatuh ke talang hingga menyebabkan genangan. Melakukan pembersihan rutin sangat dianjurkan untuk menjaga talang air hujan tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk saat musim hujan.

5. Tutup tempat sampah luar ruangan

Jangan biarkan tempat sampah di halaman atau belakang rumah terbuka. Jika ini terbuka bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Maka dari itu, nyok abang none kite jaga lingkungan biar tetep bersih dan terhindar dari nyamuk demam berdarah.

Sumber : Cnnindonesia.com

Written by: M Rizky Viananda

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!