#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Menaker pastikan pemerintah lakukan upaya pelindungan pekerja migran

today01/09/2021

Background
WhatsApp Image 2021 09 01 at 09.59.03

WhatsApp Image 2021 09 01 at 09.59.03

Pemerintah juga memberikan bantuan pemberdayaan tenaga kerja melalui inkubasi bisnis dan tenaga kerja mandiri.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan pemerintah terus melakukan upaya pelindungan pekerja migran Indonesia di negara penempatan, baik yang akan berangkat maupun yang kembali.

Menurut pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, Menaker Ida mengatakan bahwa sesuai Kepmenaker Nomor 151 Tahun 2020 pihaknya telah melakukan penghentian sementara penempatan PMI di masa pandemi COVID-19.

“Kepmen ini lahir 20 Maret 2020. Kepmen ini benar-benar untuk menyelamatkan jiwa, memutus mata rantai penyebaran baik nasional maupun secara global,” ujar Menaker Ida.

Penghentian sementara itu juga terkait kebijakan negara penempatan yang melakukan pengetatan masuknya WNA dan pemberian visa, keharusan karantina dan bukti bebas COVID-19 serta keterbatasan moda transportasi karena tidak ada akses ke negara penempatan.

Semua itu, jelas Ida, menimbulkan biaya sangat tinggi karena harus transit ke beberapa negara dan melakukan karantina.

Upaya pelindungan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di negara penempatan juga sudah dilakukan, terutama di wilayah yang memberlakukan karantina wilayah atau lockdown, dalam bentuk memberikan bantuan masker dan hingga imbauan tidak mudik.

Koordinasi juga dilakukan dengan perwakilan Indonesia di negara-negara tersebut untuk mendukung tiga langkah pelindungan.

Hal pertama yaitu komunikasi dengan PMI habis kontrak dapat difasilitasi tempat tinggal. Sedangkan yang dimungkinkan tinggal diberikan pilihan waktu kerja dan tetap menerima upah sesuai aturan atau kesepakatan para pihak.

“Ketiga, memastikan protokol WHO di tempat kerja dan di tempat istirahat,” katanya.

Sedangkan upaya pelindungan PMI di dalam negeri setelah pemulangan pada masa pandemi COVID-19 yakni koordinasi kementerian dan lembaga terkait penanganan pemulangan ke daerah asal.

Selain itu dilakukan juga koordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan di debarkasi dan berkomunikasi dengan Dinas Ketenagakerjaan di daerah agar petugas Desa Migran Produktif membantu pemerintah desa mengantisipasi kepulangan PMI.

Pemerintah juga memberikan bantuan pemberdayaan tenaga kerja melalui inkubasi bisnis dan tenaga kerja mandiri.

Baca juga: Menaker ingatkan PMI selektif pilih pekerjaan di luar negeri

Baca juga: Aktivis migran sebut pandemi berikan dampak kepada PMI yang kembali

Baca juga: BP2MI fasilitasi calon pekerja migran jalani vaksinasi COVID-19

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2364378/menaker-pastikan-pemerintah-lakukan-upaya-pelindungan-pekerja-migran

Written by: admin


Previous post

Foto

KISAKU hadirkan “drip bag coffee” untuk penikmat kopi di rumah

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 membuat banyak orang membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk untuk berkunjung ke kedai kopi. Alhasil, para penikmat kopi sulit untuk menikmati minuman berkualitas yang hanya bisa dihasilkan dengan mesin khusus.Pandemi memberikan banyak dampak negatif pada perekonomian di Indonesia, terutama bisnis kuliner. Menurut data survei Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) terhadap 9.000 restoran di Indonesia, lebih dari 1.000 restoran tutup karena sepinya pengunjung serta pembatasan […]

today01/09/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%