ALL ARTIKEL

Manfaat Micin Buat Tanaman

today08/12/2021

Background
sasa
sasa
Sumber : www.tempo.co

Micin alias Monosodium Glutamate (MSG) dikenal sebagai bahan penyedap masakan. Selain bermanfaat sebagai penyedap rasa, micin juga berguna bagi tanaman. Mengutip video YouTube Tanaman Rumah via kompas.com, Sabtu (14/11), selain menyuburkan, ternyata micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman. Pertanyaannya adalah kok bisa??

Yuuk simak manfaat micin selengkapnya buat tanaman;

1. Tingkatkan Kadar Air Tanaman

MSG dapat meningkatkan kandungan air di dalam tanaman. Pasalnya MSG alias micin ini dapat mencegah tanaman kekurangan air. Hal tersebut karena kandungan senyawa natrium yang terkandung di dalam micin.

2. Mempercepat Pembungaan Tanaman

Micin juga dapat membantu mempercepat proses pembungaan, terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Manfaat micin untuk tanaman hias dan bunga ini dipengaruhi oleh senyawa natrium yang terdapat di dalam micin.

3. Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Senyawa nitrogen yang terkandung di dalam micin juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan daun, cabang, dan batang tanaman. Waktu terbaik untuk memberikan micin adalah pada tanaman yang berusia dua minggu tanam.

4. Tanaman Lebih Tahan Penyakit

Kalium yang terdapat di dalam micin memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Selain itu, kalium dalam micin juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

5. Bisa Dijadikan Pupuk

Micin dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman aglonema. Manfaat micin untuk tanaman aglonema ini juga ramah lingkungan. Micin yang berbentuk kristal jika dilarutkan dengan air tidak akan mengubah warna tanah sama sekali. Tanaman yang diberi pupuk micin akan tampak sehat, segar, dan berdaun lebat. Hal tersebut berkat senyawa C, H, O dan Na yang terkandung di dalam micin.

Baca Juga Abang None :  Film Petualangan Sherina 2 Membuka Ruang Imersif di Atrium Ashta District 8

6. Menyuburkan Tanaman Padi

Mengantisipasi langkanya pupuk di Kendal, Jawa Tengah, para petani menggunakan penyedap makanan atau micin sebagai pengganti pupuk. Caranya dengan mencampur micin dengan air sebagai campuran dan kemudian disemprot ke tanaman padi yang sudah berusia lebih dari sebulan.

Semoga bermanfaat yaa!!

Sumber : www.99.co

Written by: Puspa Baresi

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!