Artikel

Iwan Fals Dan Band Kembali Menghelat Konser Bertalu Rindu Bertajuk “Ikrar”

today31/10/2022

Background
Konser Bertalu Rindu Bertajuk “Ikrar” (Sumber : Istimewa)

Sudah sebulan lebih menjawab kerinduan yang menahun, di Panggung Kita, Leuwinanggung, lewat Konser Bertalu Rindu “Cinta”, Iwan Fals & Band bersama Tiga Rambu kembali menggelar konser dengan tajuk yang sama, namun dengan narasi yang berbeda yaitu Konser Bertalu Rindu “Ikrar”.

                Konser yang dihelat di 29 Oktober 2022 ini, dipersiapkan dengan lebih matang dari konser sebelumnya. “Alhamdulillah, prosesnya dimudahkan, tanpa kendala yang berarti, pun juga kali ini kita punya waktu persiapan yang jauh lebih lama dibanding Konser Bertalu Rindu ‘Cinta’, yaitu enam minggu, jadi secara mental jauh lebih laid back dan tenang dalam persiapannya”, beber Cikal, Manager Iwan Fals, mengenai persiapan konsernya.

                ‘Ikrar’, adalah tema yang dipilih oleh Ibu Yos (Tiga Rambu) yang juga merupakan salah satu lagu Iwan Fals yang dirilis di tahun 1992, yang menjadi bagian dari repertoar album ‘Belum Ada Judul’. “Memilih tema Ikrar sebetulnya seperti sebuah perjalanan, setelah ada cinta pasti ada ikrar, janji atau sumpah untuk menua bersama, melewati kehidupan dengan segala dinamikanya”.

                “Ikrar juga adalah salah satu lagu favorit saya dari Iwan Fals, yang saya interpretasikan sebagai bentuk tanggung jawab dan keikhlasan dalam mencintai dan menjalani kehidupan, oleh karenanya, ini adalah pesan yang sangat luhur yang mesti dinarasikan dalam bentuk pertunjukan”, papar Ibu Yos, dalam memilih ‘Ikrar’ sebagai tema dari Konser Bertalu Rindu kali ini.

                Bagi Iwan  Fals, Ikrar juga merupakan sebuah kata yang maknanya sangat kuat, sehingga menjadi tajuk sebuah lagu. “Ikrar itu kedudukannya lebih tinggi dari sekadar janji dan sumpah. Ikrar itu melibatkan kedalaman diri dan melibatkan Yang Maha Kuasa. Jadi, ketika seseorang sudah berikrar, maka itu tidak boleh dilanggar, karena yang dilanggar adalah dirinya sendiri dan rasa malunya disaksikan secara langsung oleh Tuhan. Itulah kenapa Ikrar adalah bagian penting dari manusia yang beradab nan spiritual”, tukas Iwan Fals mengenai makna Ikrar dalam menarasikan Konser Bertalu Rindu ini.

                Iwan Fals & Band, kali ini menyuguhkan total 18 tembang dalam set nya. Dengan total durasi kurang lebih 120 menit, Iwan Fals menggemuruhkan sekaligus menyejukkan Panggung Kita dengan banyak nomor lamanya yang jarang dibawakan di panggung-panggung biasanya. “Tentu, salah satunya saya tidak sabar membawakan ‘Kabar Aroma Tanah’ (Pun Aku, 2021), karena di lagu itu sebetulnya ada realita kalau kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki hidup yang makin kusut ini. Bahwa di luar sana masih ada tawa, masih ada senyum yang merekah, maka masih ada waktu juga untuk kita sembuh dari kekacauan.”

Sangat menarik perhatian dengan nomor pembuka bertajuk  ‘Kanjuruhan’, yang belum lama ini diciptakan oleh Iwan Fals atas bentuk pedulinya dari tragedi nahas yang dialami ratusan suporter sepak bola, Aremania, di stadion Kanjuruhan, Malang. “Ya, ini respon saya, supaya kita semua waras, eling, bahwa kejadian ini menjadi cambuk untuk kita semua. Sebagai manusia pada umumnya dan sebagai penggemar sepak bola, jiwa saya ikut remuk dan cedera dengan ada kejadian ini. Saya sadar, saya tidak bisa berbuat apa-apa, karena dalam kasus ini cuma hukum yang bersih dan adil yang bisa berbuat. Oleh karenanya, saya sebagai musisi ya nulis lagu, supaya waras”, cerita Iwan Fals mengenai perasaannya atas tragedi Kanjuruhan dan memilih tembang itu sebagai nomor pembuka di Konser Bertalu Rindu Cinta.

                Kembali diperkuat oleh musisi-musisi pilihan terbaiknya, Iwan Fals didukung oleh Ardy Sikki (Bass), Sugarda Wijaya Amiarsa (Gitar, Perkusi dan Keyboard), Zulqi Ramadhan (Gitar), serta putra bungsu dari pasangan Iwan Fals dan Ibu Yos, Raya Rambu Rabbani (Drum) merasa jauh lebih siap di konser kali ini. “Persiapan kita jauh lebih lama, dan frekuensi latihannya jauh lebih sering, jadinya jauh lebih pede buat manggungnya”, ungkap Raya mengenai kesiapan di departemen musik untuk Konser Bertalu Rindu ‘Ikrar’.

                Konser yang direncanakan akan menjadi konser rutin di Panggung Kita ini disambut baik oleh para penggemar Iwan Fals dari berbagai penjuru tanah air. Konser Bertalu Rindu ‘Ikrar’ kembali bermitra dengan Loket.com sebagai mitra sistem tiket online. “Apresiasi sekali dengan para penggemar Iwan Fals yang sekarang mau untuk beranjak ke kebiasaan yang baru dengan sistem online, dari yang biasanya terbiasa dengan sistem tiket on the spot. Sekarang mereka jadi jauh lebih tenang, tidak perlu lagu takut tidak kebagian tiket, karena tiketnya sudah bisa dipegang dari jauh hari dan tidak mengurangi antusiasmenya”, tukas Cikal. 

                Merawat kerinduan adalah juga bentuk rasa syukur, bahwa indahnya pertemuan tak bisa dinilai dengan sekadar materi. Merawat kerinduan juga adalah tentang merawat ikrar. Ikrar akan persatuan, akan kedamaian dan tentang memuliakan diri sendiri juga satu sama lain. Dengan kerinduan dan ikrar yang terawat maka akan tumbuh sebuah harmoni, yang mendamaikan dunia, mengindahkan hidup, meluhurkan kasih sayang serta.

Sumber : Istimewa

Written by: Puspa Baresi

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!