Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


DKI: Formula E agenda “multiyears” untuk optimalisasi infrastruktur

Written by on 30/09/2021

Screen Shot 2020 03 11 at 3.02.12 PM

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan balap mobil listrik Formula E digelar secara tahun jamak (multiyears) dan berkelanjutan untuk optimalisasi infrastruktur.

Dalam dokumen klarifikasi Formula E yang dikeluarkan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta pada laman Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta, disebutkan biaya perlombaan multiyears itu tidak akan menimbulkan kerugian seperti yang dinilai beberapa pihak.

​​​

Baca juga: Pemprov DKI bantah Formula E boroskan APBD

“Investasi infrastruktur jadi optimal jika dimanfaatkan bukan hanya untuk satu kali penyelenggaraan. Justru merugikan jika Formula E hanya dilaksanakan sekali,” tulis dokumen tersebut yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Menurut dokumen tersebut, kerugian akan terjadi jika diselenggarakan hanya sekali, karena biaya infrastruktur balapan yang merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar, menjadi tidak termanfaatkan beberapa kali.

Awalnya, gelaran Formula E direncanakan digelar selama lima tahun berturut-turut dan akhirnya menjadi polemik karena dianggap akan merugikan bagi Jakarta, namun Pemprov DKI

meyakinkan bahwa tidak akan terjadi kerugian, terlebih saat ini ada kesepakatan baru akibat pandemi.

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa akibat pandemi, dilakukan evaluasi ulang terhadap kerja sama penyelenggaraan Formula E di seluruh kota.

Baca juga: Pemprov DKI sebut biaya komitmen Formula E tiap kota berbeda

Hasil kesepakatan baru antara BUMD PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro dengan Formula E Operations (FEO), untuk periode Formula E di Jakarta disesuaikan tiga tahun pada 2022-2024, dari awalnya lima tahun, yakni 2020-2024.

“Tiga tahun merupakan waktu yang tepat untuk memaksimalkan manfaat dan dampak ekonomi,” disebutkan pada surat tersebut.

Untuk pembiayaan, Formula E membutuhkan pembiayaan untuk komitmen “fee” dan biaya pelaksanaan tahunan.

Komitmen fee yang dibayar senilai Rp560 miliar untuk tiga tahun penyelenggaraan yang dibayar 2019 lalu, sementara biaya pelaksanaan tahunan senilai Rp150 miliar setahun.

Selain komitmen fee, pembiayaan tersebut tidak menggunakan APBD, namun bersumber dari sponsorship yang akan dilakukan oleh Jakpro.

Baca juga: Pemprov DKI nyatakan biaya komitmen Formula E tak sampai triliunan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2426325/dki-formula-e-agenda-multiyears-untuk-optimalisasi-infrastruktur


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments