#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Budaya Sensor Mandiri di Era Digital

today27/12/2021

Background
083779700 1553754939 kenny krosky 788248 unsplash
083779700 1553754939 kenny krosky 788248 unsplash
Sumber Foto : www.liputan6.com

Abang None, di era digital seperti saat ini, rasanya sudah biasa melihat “keakraban” anak dan remaja dengan gadget. Bahkan anak prasekolah pun kini sudah piawai memainkan gawai, termasuk mencari-cari sendiri tontonan di platform digital. Mereka dengan mudah menyaksikan tayangan edukasi hingga serial animasi dari negeri seberang.

Banyak orangtua yang khawatir akan tontonan anak-anaknya saat ini. Seperti diketahui, salah satu parameter untuk sebuah platform saat ini adalah rating usia seperti yang telah disusun oleh Lembaga Sensor Film atau LSF, salah satu unsur dalam Budaya Sensor Mandiri.

Lalu apa sebenarnya Budaya Sensor Mandiri itu sendiri? Nah Abang None, sejalan dengan gerakan Budaya Sensor Mandiri yang digagas oleh LSF. Dalam pernyataan tertulisnya, ini adalah gerakan mendiseminasi informasi dan literasi publik, agar masyarakat mampu memilah dan memilih tontonan sesuai klasifikasi usia.

Ini sesuai dengan salah satu fungsi LSF, yakni melindungi masyarakat dari dampak negatif yang timbul dari peredaran dan pertunjukan film maupun iklan film.

Sejatinya, orangtua saat ini sudah dimudahkan untuk menjalankan sensor mandiri. Selain panduan dari LSF ini, sejumlah platform streaming sudah menyediakan fitur agar orangtua bisa mengontrol tontonan yang diakses anak.

Netflix misalnya, menyediakan fitur profil khusus anak, di mana orangtua bisa mengunci sejumlah tayangan atau hanya mengizinkan akses untuk rating film tertentu. YouTube juga menyediakan YouTube Kids, dengan situs dan aplikasi terpisah, untuk memastikan bahwa konten di dalamnya ramah anak, sekaligus memudahkan orangtua dalam melakukan kontrol.

Dalam pernyataannya pada Februari 2021, Manajer Produk Anak Netflix Michelle Parsons menyebut pihaknya telah memperbarui fungsi kontrol orangtua pada 2020.

Jadi buat Abang None para orangtua, tidak perlu khawatir lagi akan tontonan anak-anaknya, tapi ingat, tetap peran orangtua yang paling penting, untuk mendampingi serta mengontrol tontonan anak-anaknya.

Sumber : www.liputan6.com

Written by: Puspa Baresi


Previous post

215067 Happy Monday Love

I Like Monday!!

Sumber Foto : www.rinaatriana.com Banyak yang bilang hari senin itu adalah hari yang menyebalkan. Hmmm....sebenarnya sih, itu adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya setiap hari adalah sama, yang bikin beda adalah karena kebetulan sebelum hari senin adalah hari sabtu dan minggu, dimana abang none sudah terlena dengan waktu yang lebih santai dan rileks bersama keluarga. Jadi ketika memulai aktivitas di hari seninnya, terkesan berat. Nah, supaya kamu lebih siap memulai […]

today26/12/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%