Kesehatan

Awas !!! Mencabut Bulu Hidung, Bisa Sebabkan Radang Otak

today26/06/2024

Background

Bensradio.com, Jakarta – Menumbuhkan bulu hidung bukannya tanpa manfaat. Kehadirannya berperan sebagai filter yang mencegah debu dan alergen masuk ke paru-paru saat manusia bernapas. Namun, bagi orang yang memiliki bulu hidung lebat, menghilangkannya adalah solusi terbaik. Ada risiko mencabut bulu hidung secara tidak sengaja. Kebiasaan ini harus dihentikan karena dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari risiko infeksi hingga penurunan efek pernafasan dan meningitis (radang otak).

Menurut spesialis telinga, hidung dan tenggorokan Erich Vogt, bulu-bulu ini sebenarnya mempunyai kegunaan: untuk menyaring kotoran. Dasar folikel rambut mengandung bakteri, dan ketika folikel ini dihilangkan, bakteri dapat masuk dan menyebabkan infeksi yang berpotensi fatal,” lapor situs Metro darah yang dibawa oleh otak. Hal ini dapat memindahkan bakteri dan menyebabkan meningitis dan infeksi otak lainnya. Meski infeksi ini sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya menghentikan kebiasaan ini.

Mencabut Bulu Hidung, Bisa Sebabkan Radang Otak
Mencabut Bulu Hidung, Bisa Sebabkan Radang Otak

 

Fungsi Bulu hidung

Bulu hidung merupakan bagian dari struktur hidung yang memiliki beberapa fungsi penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan hidung kita. Berikut adalah beberapa fungsi bulu hidung:

  1. Menangkap Partikel: Bulu hidung berperan sebagai filter alami untuk menangkap debu, serbuk, dan partikel lain yang terbawa bersama udara saat kita bernapas. Ini membantu mencegah partikel tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan yang lebih dalam, seperti paru-paru.
  2. Menyaring Bakteri dan Kuman: Selain partikel, bulu hidung juga membantu menyaring bakteri dan kuman yang bisa membawa infeksi. Ini adalah salah satu pertahanan awal tubuh terhadap infeksi pernapasan.
  3. Menjaga Kelembapan: Bulu hidung juga membantu menjaga kelembapan udara yang masuk ke dalam hidung. Udara yang terlalu kering dapat mengiritasi saluran pernapasan, dan bulu hidung membantu menstabilkan kelembapan udara sebelum mencapai area pernapasan yang lebih dalam.
  4. Meningkatkan Sensasi Penciuman: Struktur bulu hidung juga memiliki reseptor sensorik yang membantu dalam penciuman. Mereka membantu mendeteksi bau dan mengirimkan sinyal ke otak untuk diinterpretasikan sebagai aroma yang kita rasakan.

 

Meskipun sering kali diabaikan, bulu hidung memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan hidung dan sistem pernapasan secara keseluruhan. Meskipun sering kali diabaikan.

Written by: Denny Zay

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!