ALL ARTIKEL

WARISAN BUDAYA TAK BENDA DARI INDONESIA, GAMELAN

today24/12/2021

Background
Gamelan Jawa dan Filosofinya
Gamelan Jawa dan Filosofinya 1
Sumber Foto : borobudurnews.com

Alat musik tradisional khas Indonesia, gamelan, resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.  Gamelan adalah alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya di Bali, Madura, dan Lombok. Alat musik ini diperkirakan sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

Gamelan dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan, mengiringi tarian, membangun suasana religius, sarana dakwah, meramaikan perhelatan, menyambut tamu penting, mengiringi pagelaran wayang dan pertunjukan tari.

Gamelan juga bisa dimainkan sebagai sebuah pertunjukan musik yang lengkap dengan penyanyi atau sinden.  
Gamelan juga mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman. Perubahan ini terjadi pada cara pembuatan, maupun cara memainkannya yang saat ini juga dipadukan dengan aliran musik modern.

Dilansir dari detik.com, Gamelan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO, keputusan ini baru saja ditetapkan dalam sidang UNESCO sesi ke-16 Komite Penyelamatan Warisan Budaya Tak Benda (Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage) pada 15 Desember 2021 di Paris, Perancis.

Kabar tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Instagramnya pada Rabu (15/12/2021). “Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris. Badan PBB ini telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO,” tulisnya. Jokowi juga menambahkan dalam postingannya, bahwa alat musik gamelan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Lanjutnya, Indonesia akan terus melestarikan kesenian ini melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non-formal, yang bisa dilakukan melalui festival, pawai, pertunjukan, hingga pertukaran budaya.

Baca Juga Abang None :  Makanan Ini Bisa Memicu Gula Darah Naik

UNESCO mencatat nilai filosofi Gamelan sebagai salah satu sarana ekspresi budaya dan membangun koneksi antara manusia dengan semesta. UNESCO juga mengakui bahwa Gamelan, yang dimainkan secara orkestra, mengajarkan nilai-nilai harmoni, saling menghormati, mencintai dan peduli satu sama lain.

sumber : detik.com

Written by: M Rizky Viananda

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!