#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Vaksin COVID-19 Pfizer bentuk vape? Cek faktanya!

today24/12/2020

Background
pfizer
Jakarta (ANTARA/JACX) – Foto tentang bentuk vaksin COVID-19 asal Pfizer berupa isi ulang rokok elektrik atau vape ramai dibahas warganet di media sosial Facebook pada akhir Desember 2020.

Pada unggahan foto itu, tampak sebuah tabung kecil menyerupai isi vape yang dikemas dalam plastik dengan label “Coronavirus Vaccine” serta logo Pfizer.

Keterangan lain yang tampak meyakinkan bahwa produk itu merupakan tabung rokok elektrik adalah tulisan “vaporizer catridge”.

Namun di sisi bawah kemasan, teradapat  tulisan “Made in China”. Padahal Pfiizer merupakan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat.

Lalu, benarkah Pfizer memproduksi vaksin COVID-19 dalam bentuk vape yang diproduksi di China?

 

1608817870547
Tangkapan layar gambar vaksin COVID-19 keluaran Pfizer berbentuk rokok elektrik. (Facebook)

Penjelasan:

Mengutip pemeriksa fakta Reuters yang dipublikasikan 21 Desember 2020, foto vaksin COVID-19 berlabel Pfizer dalam bentuk isi rokok elektrik adalah hoaks.

Pfizer tidak memproduksi vaksin berbentuk isi ulang rokok elektrik. Vaksin yang dikeluarkan Pfizer berupa cairan harus disuntikkan ke dalam tubuh lewat jarum suntik.

Reuters menyebutkan unggahan itu semula ditujukan sebagai bahan lelucon karena terdapat keterangan foto “makers of ‘the boner pill” (pembuat obat untuk disfungsi ereksi).

Bantahan lain yang menguatkan unggahan foto itu sebagai hoaks adalah produk diproduksi di China. Sedangkan vaksin COVID-19 Pfizer diproduksi menggunakan jaringan perusahaan di Jerman, Belgia, dan Amerika Serikat.

Unggahan, yang semula tersebar pada 19 Desember 2020 hanya untuk bercanda, menjadi unggahan menyesatkan karena sebagian warganet percaya vaksin berbentuk isi rokok elektrik itu ada.

Klaim: Vaksin COVID-19 Pfizer berbentuk vape?

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks, telegram Kapolri terkait pembubaran FPI

Cek fakta: Perawat AS pingsan setelah disuntik vaksin COVID-19? Ini faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1913140/vaksin-covid-19-pfizer-bentuk-vape-cek-faktanya

Written by: admin


Previous post

video klip Nisa

Nisa rampungkan video klip dengan Ahmad Dhani

Saat diminta Mas Dhani, dia bilang kayaknya lagunya cocok, makanya sekalian aja buat single promoSolo (ANTARA) - Penyanyi asal Kota Solo, Jawa Tengah, Nisa, baru saja merampungkan video klip buah bekerja sama dengan pentolan grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani."Saya baru saja mengerjakan video klip berjudul 'Risalah Hati' dengan konsep warna hitam putih," katanya melalui keterangan tertulisnya yang diterima oleh Antara di Solo, Kamis.Pada lagu tersebut Nisa tidak tampil sendiri […]

today24/12/2020

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%