ALL ARTIKEL

Tips Mengelola Keuangan

today06/01/2022

Background
Sumber Foto : retizen.republika.co.id

Orang kaya adalah bukan yang memiliki penghasilan besar atau bisa membeli barang-barang mewah. Tetapi orang kaya adalah orang yang dapat merencanakan keuangan dengan baik. Jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sebanyak apapun uang yang dimiliki pasti akan cepat habis. Untuk itulah semua orang harus bisa mengatur keuangan.
Di awal tahun baru 2022 ini mungkin ada abang none yang masih bingung dengan cara mengelola keuangan yang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut tips cara mengatur uang.

TIPS MENGATUR UANG

1. Buat Anggaran Bulanan

Bila abang none sangat mudah untuk mengeluarkan uang maka uang abang none akan cepat habis. Ditambah juga jika pengeluaran tersebut tidak terkontrol, penghasilan bulanan dipastikan akan selalu habis. Agar tidak mengalami masalah seperti ini, Abang none bisa membuat anggaran bulanan.
Anggaran bulanan ini sebaiknya dibuat di awal bulan atau sebelum Abang none mulai membelanjakan penghasilan yang didapatkan. Catat pengeluaran rutin. Dari setiap pengeluaran yang sudah dicatat, mulailah untuk membuat skala prioritas. Jangan lupa juga untuk selalu menganggarkan dana darurat sebagai antisipasi jika hal-hal tak terduga terjadi.

2. Sisihkan Penghasilan Untuk Investasi

Masa pensiun harus disiapkan sejak dini. Akan tetapi, menabung saja tidaklah cukup. Abang none juga harus mempersiapkan hari tua dengan berinvestasi. Investasi inilah yang nantinya akan memberi Abang none penghasilan sampingan untuk memenuhi kebutuhan saat Abang none tidak lagi bisa bekerja atau sudah masa pensiun. Ada baiknya Sejak usia muda, usahakan bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Abang none bisa memulainya dari produk produk investasi yang Abang none kenal seperti emas dan reksa dana. Jika Abang none masih baru dalam dunia investasi, sebaiknya pilih produk investasi yang rendah risiko.

3. Sisihkan Penghasilan Untuk Ditabung

Menabung itu wajib. Pemikiran seperti ini harus selalu Abang none pahami dan dilakukan. Akan tetapi, jangan menabung dari sisa penghasilan. Justru sebaliknya, sisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung di awal bulan. Menabung di awal bulan ada banyak keuntungannya. Selain memberi jaminan bahwa setiap bulannya bisa menabung, cara ini juga membantu Anda mengelola pengeluaran agar lebih selektif.

Nah itu dia abang none tips untuk mengelola keuangan, semoga berhasil ya abang none!

(Penulis : Muhammad Rizky Viananda)

(Editor : Bunga Alisha)

Written by: M Rizky Viananda

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!