#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Stres picu bruxism, kebiasaan buruk menggemeretakkan gigi

today12/06/2021

Background
dentistry 668191 1280

dentistry 668191 1280

Jakarta (ANTARA) – Bruxism atau menggemeretakkan gigi atas dan bawah adalah kebiasaan buruk yang dapat terjadi karena dipicu oleh stres, jelas drg. Rosdiana Nurul Annisa Sp.KG dari RS Pelni.

“Salah satu penyebab utamanya adalah stres, jadi harus terapi untuk mencari sumber stres dan menguranginya,” kata Rosdiana kepada ANTARA.

Dengan mencari tahu sumber stres dan mengatasinya, diharapkan kebiasaan buruk menggesekkan gigi atas dan bawah juga menghilang. Selain terapi, kebiasaan ini bisa dicegah dengan menggunakan alat bernama splin oklusal, pelindung gigi yang serupa dengan pelindung gigi petinju. Periksakan diri ke dokter gigi yang akan mencetak gigi Anda, lalu membuatkan pelindung gigi yang sesuai bentuk serta ukurannya. Alat itu dipakai sebelum tidur, sehingga ketika gigi atas dan bawah saling bergesekan, gigi tetap terlindungi.

Baca juga: Orang-orang lupa jaga kesehatan gigi selama pandemi COVID-19

Bila kebiasaan ini berlangsung secara rutin dan tidak diatasi, bruxism bisa menyebabkan gigi aus dan berdampak untuk kesehatan.

“Gigi aus akan mempengaruhi TMD, Temporomandibular disorders. Sendi kita yang membuat mulut bisa membuka dan menutup namanya Temporamandibula. Biasanya juga berpengaruh ke situ,” kata dokter gigi dari Universitas Indonesia.

Biasanya kebiasaan ini terjadi tanpa sadar, dan yang menyadari adalah orang lain seperti pasangan atau teman sekamar karena proses tersebut menimbulkan bunyi berisik yang mengganggu. Rata-rata orang yang menggertakkan gigi tidak tahu dirinya melakukan itu.

“Kalau yang dilakukan secara sadar, namanya clenching. Beda sih sama bruxism. Tapi di gigi hampir mirip penampakannya. Tapi biasanya kalau clenching kan sadar, jadi lebih jarang ya. Kalau misalnya bruxism ya pas tidur biasanya.”

Dikutip dari WebMd, salah satu gejala yang dirasakan adalah sakit kepala saat bangun tidur atau rahang yang sakit. Bila Anda curiga saat tidur melakukannya, periksakan diri ke dokter gigi yang akan mencari tanda-tanda bruxism di dalam mulut.

Baca juga: Waktu tepat untuk sikat gigi selama berpuasa

Baca juga: Pola makan hingga penyakit yang sebabkan gigi menjadi sensitif

Baca juga: Perawatan gigi tetap penting di tengah pandemi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2205434/stres-picu-bruxism-kebiasaan-buruk-menggemeretakkan-gigi

Written by: admin


Previous post

2519 D048 00281R

Menghadapi masa lalu di “Fast & Furious 9”

Jakarta (ANTARA) - Ingin mengetahui lebih dalam soal masa lalu Dominic Toretto (Vin Diesel), jawabannya ada di film "Fast & Furious 9" atau "F9". Film ini dimulai dengan kilas balik ketika seorang pembalap tewas dalam kecelakaan ketika sedang berkompetisi. Kecelakaan itu disaksikan oleh dua putranya yang masih muda, Dom dan Jakob. Mereka yang kemudian hidup terpisah memiliki hubungan yang jauh dari hangat, apalagi ketika Dom mencurigai adiknya punya andil dalam […]

today11/06/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%