Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Siapa Penemu Radio?

Written by on 17/09/2021

Siapa Penemu Radio?
Siapa Penemu Radio? 1

Siapa Penemu Radio?

Penemu Radio ialah Guglielmo Marconi (1874-1937) Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Dirinya juga berhasil menyiarkan sinyal radio transatlantik pertama. Dilansir dari History, radio inilah yang menyelamatkan ratusan nyawa, termasuk penumpang yang selamat dari Titanic yang tenggelam.

Apa Itu Radio?

Sebelum membahas penemu radio, ketahui dulu apa itu Radio? Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut

Bagaimana Radio Berkerja?

Gelombang elektromagnetik merupakan salah satu penemuan menakjubkan di bidang fisika, ia menjadi dasar bagi semua sistem pengiriman sinyal audio-visual dan informasi di dunia kita dewasa ini. Gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium pengangkut artinya selain bisa merambat lewat udara, ia juga bisa merambat di ruang angkasa yang hampa udara.

Secara singkat cara kerja radio dapat disimpulkan sebagai sebuah proses yang terjadi pada pengirim ketika suara penyiar ditransmisi melalui gelombang elektromagnetik, dan pada penerima, gelombang radio ini diubah menjadi sinyal audio yang membawa pesan atau informasi.

Biografi Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi lahir 25 April 1874 di Bologna, Italia. Marconi kecil memiliki riwayat pendidikan yang baik dan luas. Dirinya terlahir di keluarga yang terpandang.

Marconi memiliki rasa yang ingin tahu yang lebih pada bidang sains dan listrik. Pada 1894, dirinya melanjutkan kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna. Di dalam perguruan tinggi tersebut, Marconi mulai melakukan eksperimen dengan gelombang radio.

Marconi mulai berkeliling negeri untuk mencari orang untuk diajak berinvestasi pada penemuannya. Namun usahanya sia-sia. Beberapa orang, bahkan pemerintah Italia tidak ada yang tertarik. Akhirnya pada 1896, Marconi memutuskan untuk pergi ke London.

Di London, dia langsung mendapat respons dari beberapa pihak yang berminat, salah satunya Kantor Pos Inggris.

Selain mendapatkan penghargaan, alat pemancar sinyal atau radio Marconi juga berperan dalam menyelamatkan penumpang kapal Titanic. Pada 1912, kapal Titanic menabrak gunung es, kru kapal dapat mengontak kapal lain dengan bantuan radio pemancar buatan Marconi.

Berkat radio pemancar , kapal lain berhasil menyelamatkan sebanyak 700 orang penumpang Titanic yang selamat. Pada 1914 Marconi meraih pangkat komandan angkatan laut. Hal ini karena dirinya pernah mengabdi pada militer Italia saat Perang Dunia I.

Di kapal pesiar milik Marconi yang diberi nama Elettra, dirinya melakukan eksperimen dengan membuktikan sistem pemancar untuk komunikasi jarak jauh. Sistem tersebut kemudian diadopsi pemerintah Inggris untuk melakukan komunikasi internasional.

Hari Radio Sedunia

Tanggal 13 Februari diperingati sebagai World Radio Day atau Hari Radio Sedunia. Tahun 2021 merupakan peringatan Hari Radio Sedunia ke-10. Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB, UNESCO menetapkan tanggal 13 Februari sebagai Hari Radio Sedunia karena urgensitas media ini bagi semua lapisan masyarakat.

mengapa tanggal 13 Februari ? Sejarahnya kembali ke tahun 1946. Tanggal 13 Februari 1946 adalah hari ketika PBB untuk pertama kalinya mengoperasikan radio sehingga melalui media itu, ia bisa menyampaikan informasi seputar aktivitasnya kepada seluruh masyarakat dunia.

Radio yang ditemukan pada akhir dasawarsa abad ke-19 menyusul penemuan telepon dan telegrap, dalam waktu yang tidak terlalu lama mampu mengubah kehidupan manusia dan memainkan peran kunci dalam penyampaian informasi sepanjang berlangsungnya Perang Dunia

Konflik Penemu Radio

Jika kita membaca kembali sejarah penemuan radio, banyak orang menganggap Guglielmo Marconi, seorang ilmuwan muda Italia yang hidup pada abad ke-19, sebagai penemu radio setelah ia mengembangkan penelitiannya terhadap sistem telegraf nirkabel, dan memusatkan perhatian pada teknologi transmisi telegraf melalui gelombang radio. Akan tetapi beberapa pihak menganggap Nikola Tesla sebagai penemu radio.

Jadi Siapa Penemu Radio yang sebenarnya?

Siapapun penemunya, radio sejak ditemukan sampai hari ini memberikan banyak manfaat bagi umat manusia. Salah satu kegunaan awal radio adalah mengirim pesan armada laut dalam bentuk telegraf dengan kode morse dari kapal laut ke darat. Pengguna pertama gelombang radio untuk keperluan militer adalah pasukan Jepang dan Rusia selama masa Pertempuran Tsushima tahun 1904-1905.

Nah buat abang none sekarang dengerin Bens Radio bisa di website atau aplikasi bens radio yee..
nyok kepoiin linknyee sekarang!!!

Tagged as

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments