#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Pemantauan rutin tekanan darah bantu milenial cegah hipertensi

today04/06/2021

Background
pexels cottonbro 5721671

pexels cottonbro 5721671

Jakarta (ANTARA) – Pemantauan rutin dengan mengecek kadar tekanan darah rupanya bisa membantu anak muda yang berasal dari generasi milenial mencegah terjadinya penyakit hipertensi.

Hal itu mengingat di era modern, anak muda dari generasi milenial lebih rentan terkena hipertensi karena semakin berkembangnya gaya hidup yang tidak sehat.

“Kita harus menumbuhkan kesadaran diri untuk melakukan cek kesehatan, melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin dan mencegah serta mengendalikan hipertensi dengan memodifikasi gaya hidup seperti rajin berolahraga juga membatasi asupan garam,” kata dokter Badai Bhatara spesialis jantung dan pembuluh darah dari Universitas Padjadjaran dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Jumlah penderita hipertensi makin tinggi, ini cara pengendaliannya

Ia menyebutkan hipertensi atau umum dikenal sebagai penyakit darah tinggi memiliki risiko meningkatkan penyakit komplikasi seperti jantung koroner, stroke, dan gagal jantung.

Maka dari itu pemantauan tekanan darah dari muda perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit darah tinggi.

Dukungan untuk generasi muda menjalankan pemantauan tekanan darah dengan rutin juga datang dari Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Esti Nurjadin yang menegaskan bahwa hipertensi tidak hanya menyerang kalangan berusia lanjut tapi juga generasi muda.

“Paling utama selain menghindari pola hidup tidak sehat adalah kita harus melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin sehingga bisa mencegah atau setidaknya mengendalikan hipertensi,” kata Esti.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikerjakan oleh Kementerian Kesehatan pada 2018 didapatkan kenaikan prevalensi atau jumlah kasus hipertensi mencapai 7,3 persen pada kelompok usia muda yang diukur mulai dari usia 18-39 tahun.

Sementara untuk jumlah prevalensi pre-hipertensi di kelompok tersebut tercatat memiliki nilai yang lebih tinggi lagi mencapai 23,4 persen.

YJI mengemukakan naiknya angka potensi generasi muda terkena hipertensi terjadi karena berkembangnya pola hidup yang tidak sehat, stres, hingga kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan sehari- hari.

Hipertensi perlu diawasi karena dapat memicu penyakit komplikasi lainnya seperti penyakit jantung koroner, stroke, hingga penyakit gagal ginjal.

Hipertensi menjadi salah satu komorbid yang paling banyak ditemukan di masa pandemi COVID-19, Satgas COVID-19 mencatat hingga awal Juni 2021 ada 50 persen pasien COVID-19 memiliki hipertensi, diikuti 36,6 persen memiliki komorbid diabetes melitus,dan 17,4 memiliki penyakit jantung.

Baca juga: Gaya hidup sehat dan deteksi dini penting cegah hipertensi

Baca juga: Mengapa orang dengan hipertensi rentan kena COVID-19?

Baca juga: Stres dan kurang gerak, alasan banyak milenial alami hipertensi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2192122/pemantauan-rutin-tekanan-darah-bantu-milenial-cegah-hipertensi

Written by: admin


Previous post

WhatsApp Image 2021 06 03 at 17.18.59

Drama China “The Eternal Love 3” dan “Flourish In Time” hadir di WeTV

Jakarta (ANTARA) - Platform berbasis aplikasi dan website milik raksasa teknologi Tencent, WeTV, kembali menghadirkan sejumlah serial drama China terbaru berjudul "The Eternal Love 3" dan "Flourish In Time"."Selain dua drama China terbaru, masyarakat bisa menikmati beragam series maupun WeTV Sinetron, seperti 'WeTV Original Ustad Milenial', 'WeTV Sinetron 9 Bulan', dan masih banyak lagi," kata Country Manager WeTV dan iflix Indonesia Lesley Simpson, melalui keterangannya pada Jumat."The Eternal Love 3" […]

today04/06/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%