Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Para musisi bahas isu perempuan hingga HIV di panggung MTV VMA 2021

Written by on 14/09/2021

02 Lil Nas X 2021 vma show billboard 1548 1631498975 compressed

Jakarta (ANTARA) – Para musisi menggunakan kesempatan penampilan mereka di acara MTV Video Music Awards 2021 pada Minggu (12/9) waktu setempat untuk berbicara mengenai isu perempuan hingga meningkatkan kesadaran tentang HIV.

Mengutip laporan The Hollywood Reporter, Senin, Cyndi Lauper sempat menyinggung permasalahan hak perempuan saat mempersembahkan penghargaan kategori pop terbaik di atas panggung. Ia mengenang penghargaan VMA pada 1984 untuk hitnya berjudul “Girls Just Want to Have Fun” dan menghubungkan judul lagu dengan masalah hak-hak perempuan saat ini.

Baca juga: BTS dapat tiga piala di MTV VMA 2021

“Ya, perempuan masih ingin bersenang-senang, tetapi kami juga ingin memiliki pendapatan yang sama dan kontrol atas tubuh kami. Anda tahu, hak-hak dasar,” kata Lauper.

Dia tampak merujuk pada Undang-Undang tentang aborsi di Texas yang mulai berlaku awal bulan ini. UU tersebut tidak membuat pengecualian untuk kasus kehamilan dari inses atau pemerkosaan. Hal ini memungkinkan individu untuk menuntut siapa saja yang melakukan aborsi atau seseorang yang membantu orang lain untuk melakukan prosedur aborsi.

Billie Eilish yang memenangkan VMA 2021 kategori video untuk lagu “Your Power” juga berbicara tentang hak-hak perempuan dalam pidato singkatnya.

“Kita perlu melindungi perempuan muda dengan segala cara. Kita juga perlu ingat bahwa kita semua memiliki kekuatan, dan kita harus ingat untuk tidak menyalahgunakannya,” kata Billie.

Baca juga: RM BTS dan Lil Nas X rilis “Seoul Town Road”

Sementara Lil Nas X yang membawakan lagu “Industry Baby” dan “Montero (Call Me By Your Name)” menyoroti permasalahan dan stigma pada penderita HIV.

Rapper itu meminta direktur investasi komunitas Southern AIDS Coalition Mardrequs Harris untuk tampil bersamanya di atas panggung.

Pakaian yang dikenakan Harris menampilkan nomor 433.816 berwarna merah yang mewakili warna universal atau dukungan untuk penderita HIV serta jumlah orang yang hidup dengan HIV di wilayah selatan AS pada 2015, menurut catatan organisasi GLAAD.

“Memiliki kesempatan untuk berbagi panggung dengan Lil Nas X adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan. Dan menggunakan kesempatan itu untuk meningkatkan kesadaran tentang stigma HIV adalah sangat berharga bagi pekerjaan kami,” kata Harris melalui sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Billboard pada Senin.

Dalam VMA 2021, Lil Nas X memenangkan penghargaan kategori Video of the Year, Best Direction, dan Best Visual Effect untuk karyanya berjudul “Montero (Call Me By Your Name)”.

Acara MTV VMA berlangsung di Barclays Center, New York City, dengan hampir selama tiga jam untuk merayakan peringatan hari jadi ke-40 stasiun televisi tersebut. Acara dimeriahkan dengan penampilan dari berbagai bintang, seperti Madonna, Justin Bieber, Alicia Keys, Normani, Machine Gun Kelly, dan sederet musisi besar lainnya.

Baca juga: Ratu pop Madonna buka gelaran MTV VMA 2021

Baca juga: Machine Gun Kelly bentrok dengan Conor McGregor di VMA

Baca juga: Lady Gaga kenakan masker buatan Indonesia di VMA 2020

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2389269/para-musisi-bahas-isu-perempuan-hingga-hiv-di-panggung-mtv-vma-2021


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments