#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Pakai masker selama setahun picu kanker? Ini penjelasannya

today23/02/2021

Background
antarafoto batanghari terapkan pembelajaran tatap muka 220221 ws 5 1
Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah narasi yang menyebutkan penggunaan masker selama satu tahun dapat menyebabkan kanker tersebar di Facebook sejak akhir Januari 2021.

Kanker itu, menurut unggahan yang beredar, berasal dari racun karbon dioksida yang terus terhirup akibat pemakaian masker dalam waktu lama. 

Berikut narasi yang bergulir di Facebook:

“Apa lagi ya yang di impor dari China ya..virus sudah.. instalasi fasilitas pengobatan virusCorona untuk rumah sakit sudah.jarum suntik sudah.masker sudah,,detektor virus sudah.vaksin Corona sudah..

Oh iya ..nanti ada lagi di impor china.untuk pengobatan kanker paru paru beserta obat nya..Karana China sudah menyiapkan semua nya..China sudah tahu jika orang make masker monoton s lama setahun lebih orang bisa kena kanker paru-paru,, karena racun carbondioksida yang di hirup terus..

Susah juga sih.. pemerintah kita kiblat nya ke China..kalo tak ..tak bisa ngutang yang bayar oleh anak cucu penerus bangsa Indonesia ini.”

Lantas, benarkah pemakaian masker selama setahun bisa memicu kanker?

 

Masker kanker
Tangkapan layar yang menyatakan pakai masker selama setahun picu kanker (Facebook)

Penjelasan:

Menurut penelusuran ANTARA, narasi yang menyatakan penggunaan masker dapat menyebabkan kanker termasuk informasi salah atau hoaks. 

Selama bertahun-tahun, penyedia layanan kesehatan telah memakai masker untuk waktu yang lama. Penggunaan masker itu tidak menimbulkan reaksi yang merugikan, mengacu mayoclinichealthsystem.org.

Para ahli di Mayo Clinic Health System, penyedia layanan kesehatan yang berpusat di Inggris, juga menjelaskan karbon dioksida akan menyebar bebas melalui sisi masker saat pengguna masker bernafas.

Penjelasan tersebut sekaligus membantah pernyataan bahwa masker membuat karbon dioksida terhirup dan masuk ke tubuh.

Kominfo, dalam laporannya juga menerangkan masker medis serta kain, tidak menurunkan jumlah oksigen yang masuk atau tidak menambah jumlah karbon dioksida di dalam masker. Itu karena ukuran molekul oksigen dan karbon dioksida yang kecil.

Klaim: Pakai masker selama setahun picu kanker

Rating: Salah/Misinformasi

Baca juga: Penerima vaksin COVID-19 tidak perlu lagi pakai masker? Cek faktanya!

Baca juga: Ada pembagian masker yang diberi bius? Cek faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2014632/pakai-masker-selama-setahun-picu-kanker-ini-penjelasannya

Written by: admin


Previous post

F35A47C1 9C6F 4A3D A5E9 3EA37ECD84EF

GoPlay kini hadirkan tayangan reguler gratis

Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming video on-demand GoPlay kini menghadirkan ragam tayangan reguler yang bisa dinikmati secara gratis tanpa biaya berlangganan lewat layanan streaming interaktif GoPlay Live.Melalui keterangan yang diterima ANTARA, Sabtu, pengguna dapat menikmati suguhan tontonan hiburan mulai dari trivia kuis, tebak lagu, pelajaran bahasa Jepang sampai tur virtual ke Tokyo.Berikut beberapa rekomendasi tayangan reguler gratis di GoPlay Live.Baca juga: Serial "Mama Mama Milenial" soroti masalah rumah tangga mama […]

today23/02/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%