ALL ARTIKEL

NFT, jualan selfie bisa jadi Miliarder

today14/01/2022

Background
non fungible token 6850539 1920

non fungible token 6850539 1920
Ilustrasi NFT

Bensradio – Ghozali, mahasiswa asal semarang tak menyangka foto selfie-nya yang dijual lewat Non Fungible Token (NFT)  bisa meraup uang miliaran rupiah. Nama Ghozali Everyday ini pun mendadak menjadi terkenal dan menjadi perbincangan warganet di berbagai platform media sosial.

Ketenaran Non-Fungible Token atau NFT kini sudah tak terbendung lagi karena viralnya fenomena Ghozali Everyday. Tapi tau gak sih abang none NFT itu apa?

Apa Sih NFT ???

NFT  adalah aset digital yang  berbasis dengan teknologi bernama blockchain. Blockchain adalah sebuah pusat data terdistribusi yang dibagikan pada setiap titik yang ada pada jaringan komputer. Sebagai data base atau pusat data, blockchain berisi beragam informasi dalam format digital, Blockchain ini sedang hangat diperbincangkan di dunia kripto. Pasalnya, NFT ini nilainya bisa mencapai puluhan juta USD.

Sebagian besar, NFT diperdagangkan memakai ether (ETH), koin kripto buatan Ethereum. Seperti namanya, “non-fungible” yang berarti nilai yang tak bisa ditukar atau digantikan. Tiap NFT mengandung catatan transaksi dalam blockchain yang berisi data penciptanya, harga, serta riwayat kepemilikannya.

Tujuan Dan Penggunaan NFT

Berawal dari kripto, NFT punya bentuk, tujuan, dan penggunaan yang berbeda daripada aset kripto lain contohnya Bitcoin. Pasalnya, tiap-tiap NFT hanya dibuat sekali dan tak bisa ditukarkan atau diperdagangkan dengan barang lain.

NFT memiliki data unik seperti sidik jari yang bekerja untuk memudahkan verifikasi pemiliknya. Bahkan, pemilik NFT juga bisa menyimpan informasi tertentu seperti menempatkan tanda tangan pada karya seni mereka dengan memasukkannya ke dalam metadata NFT.

Kepemilikan NFT juga bersifat mutlak. Pemiliknya adalah satu-satunya pihak yang memiliki karya orisinil NFT meskipun ia punya hak cipta untuk memperbanyak karya. Pada dasarnya, pemilik NFT memiliki hak milik penuh.

Baca Juga Abang None :  Menkeu: RI butuh 5,7 miliar dolar AS per tahun danai transisi energi

Perkembangan NFT Saat Ini

Pasar NFT mengalami perkembangan yang pesat mulai akhir Januari 2021 dan mulai marak di Indonesia karena fenomena Ghozali everyday. Sebenarnya NFT sudah mulai populer Pada 2017 diawali oleh sebuah game berbasis NFT pertama yang telah diluncurkan, game tersebut bernama CryptoKitties yang memiliki jaringan blockchain Ethereum. Game ini memungkinkan pemainnya untuk mengadopsi, memelihara, hingga memperdagangkan kucing virtual. Nah itu dia abang none sekilas mengenai NFT, gimana? Apakah abang none berminat untuk memulai menjual karya NFT?

nft

Cara Jual Beli NFT di OpenSea

Untuk saat ini abang none, salah satu peer-to-peer marketplace untuk NFT yang terbesar di dunia adalah OpenSea. Abang none bisa melakukan transaksi NFT melalui situs terpercaya OpenSea. Situs ini akan membantu Anda untuk menjual NFT yang telah dibuat.

Untuk nilai NFT yang akan diperjualbelikan, harganya ditentukan oleh pasar dan jumlah peminat. Nah, daripada bingung, ini dia abang none langkah-langkah untuk melakukan jual beli karya lewat situs NFT OpenSea.

Cara Buat Akun OpenSea NFT

  1. Buka situs OpenSea di aplikasi browser abang none.
  2. Lalu masuk ke dalam situs OpenSea menggunakan MetaMask.3
  3. Lalu, abang none akan diminta untuk mengunduh browser extension MetaMask.4.
  4. Setelah itu, tekan Create A Wallet.
  5. Silahkan abang none set password yang digunakan untuk mengamankan crypt wallet yang telah dibuat.
  6. Baca ketentuan situs yang muncul, lalu klik kotak I Have Read.
  7. Klik Create.
  8. Setelah itu akan muncul halaman perkenalan MetaMask.
  9. Lalu akan muncul Secret Recovery Phase, silahkan simpan data tersebut dengan baik.10.
  10. Masukan urutannya dengan benar.
  11. Lalu klik Confirm dan akan muncul notifikasi yang berisi akun abang none sudah berhasil diaktifkan
  12. 12.Silahkan klik All Done.
Baca Juga Abang None :  Airlangga beri arahan agar PON dan Superbike tidak jadi klaster COVID

Written by: M Rizky Viananda

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!