ALL ARTIKEL

Membuka Jendela Dunia Bersama Kuda Pustaka

today08/07/2022

Background
Lapak Ganjar

Lapak Ganjar

Lapak Ganjar
                                          Lapak Ganjar

‘Membaca Membuka Jendela Dunia’ hal itulah yang dianut oleh Ridwan Sururi pendiri Kuda Pustaka. Berawal dari keprihatinannya dengan kondisi anak-anak di desanya yang sulit mendapat bahan bacaan, serta rendahnya minat baca membuat Ridwan memutuskan untuk memulai perpustakaan keliling yang menggunakan kuda sebagai kendaraan pengangkutnya. Setiap hari Senin sampai Jumat,  ia berkeliling di Desa Serang, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Bermodalkan 150 buku, pria berusia 49 tahun itu memulai kegiatan kuda Pustaka sejak 2014 lalu. Ia menawarkan buku bacaan secara gratis pada anak-anak dan warga setempat. Buku-buku itu dibawa dengan dua kotak kayu, yang diletakkan di punggung kuda yang ia beri nama Germanis. Awalnya, Ridwan hanya mengunjungi TPQ di dekat rumahnya dan ternyata mendapat respon baik dari anak-anak, sehingga Ridwan terpikir untuk memperbanyak tempat kunjungan Kuda Pustaka.

Kini koleksi buku di rumahnya bahkan mencapai ribuan. Bersama dengan kuda-kuda peliharan yang juga bisa sebagai daya tarik bagi anak-anak, tak ayal kegiatan kepustakaan yang dilakukan Ridwan, mencuri atensi dari berbagai pihak tak terkecuali dari Presiden Jokowi dan juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ridwan bahkan pernah mendapat undangan ke Istana Negara dalam rangkaian Hari Pendidikan pada 2017 lalu. Tak hanya itu, pada 2019 lalu, ia juga berkesempatan bertemu dengan Ganjar saat Verifikasi Lapangan Tim Juri Lomba Perpustakaan Nasional Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2019 yang bertempat di SMA N 1 Purbalingga.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Arpusda Provinsi Jateng Yusadar Abimana mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Kuda Pustaka yang dilakukan oleh Ridwan Sururi. Ia menilai, kegiatan Kuda Pustaka dengan mendatangi tempat kegiatan anak-anak, seperti sekolah dan TPQ merupakan kepedulian dan upaya dari masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan minat baca. Disisi lain, bertepatan dengan Peringatan Hari Pustakawan 7 Juli ini. Yusadar juga berpesan kepada masyarakat yang ingin bergerak di bidang literasi.

Selamat Hari Pustakawan, Semoga mampu meningkatkan minat literasi pada masyarakat Indonesia.

Sukses Selalu Pustakawan Indonesia!

Sumber : Istimewa

Written by: Puspa Baresi

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!