ALL ARTIKEL

Kongres Kemanusiaan Indonesia II Wahana Substantif Perumusan Tata Kelola Kemanusiaan Baru

today16/12/2023

Background
Kongres Kemanusiaan Indonesia

Kongres Kemanusiaan Indonesia

Jakarta – Keadaan di Timur Tengah menjadi luka pedih bersama masyarakat global dari tergerusnya secara terus menerus dan berkepanjangan terhadap prinsip-prinsip dasar keadilan yang belum pernah  terjadi di sepanjang sejarah modern. Skala seperti itu, membuat krisis kemanusian pada lingkup Asia Tenggara menghilang dari radar, salah satunya adalah krisis berkepanjangan pada kaum Rohingya dan dampak kudeta di Myanmar.

 

Di sisi lain, melemahnya perekonomian dunia pascapandemi Covid-19 semakin menyempitkan ruang pendanaan untuk respons oleh para pelaku kemanusiaan. Global Humanitarian Overview 2023 menyebutkan sebanyak 339 juta orang akan membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan, di mana 230 juta orang di antaranya memerlukan secara mendesak. Sementara itu, risiko dan peristiwa bencana, kejadian cuaca ekstrem akibat perubahan iklim, serta kegagalan teknologi dan industri terus terjadi. Ketika ini terjadi dan berimpitan dengan konteks konflik dan defisit serta kegagalan pembangunan, maka ini menjadi ujian baru bagi para penyintas kemanusiaan.

 

Kancah yang semakin kalut dengan kemelut seperti itu, membuat hubungan kerja antara pemerintah, para pelaku kemanusiaan, mitra, serta parapihak dan komunitas penyintas sendiri juga mengalami perubahan yang dramatik.  Pencarian format yang optimal terus dilakukan di semua tataran baik global, regional Asia dan ASEAN, di Indonesia dan lebih-lebih pada tataran lokal.

 

Menanggapi pelbagai persoalan kemanusiaan yang terus berkembang, Human Initiative memperingati milad ke-24 kembali menyelenggarakan Kongres Kemanusiaan Indonesia, yang berlokasi di Hotel Millennium Sirih Jakarta (14/12). Kongres Kemanusiaan Indonesia II (KKI II) yang diinisiasi bersama dengan Dewan Pakar, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Aliansi Pembangunan Kemanusiaan Indonesia, dan Humanitarian Forum Indonesia hadir sebagai forum ruang diskusi, eksplorasi pemikiran, serta ide dalam upaya menjawab tantangan kemanusiaan.

Kongres Kemanusiaan Indonesia II Wahana Substantif Perumusan Tata Kelola Kemanusiaan Baru
Kongres Kemanusiaan Indonesia II Wahana Substantif Perumusan Tata Kelola Kemanusiaan Baru

Secara umum, KKI II pada 2023 ini bertujuan utama untuk; (1) Mematangkan & menajamkan Kerangka Kerja Kemanusiaan Indonesia yang dihasilkan dari refleksi kolektif kemanusiaan multipihak; (2) Meletakkan dasar dasar kemitraan berkesetaraan dalam gerakan kemanusiaan dan pembangunan untuk mempertahankan momentum pencapaian target SDGs; serta (3) Merumuskan rekomendasi aksi yang inovatif terkait kisi-kisi skema pendanaan kemanusiaan dalam kerangka kerja kemanusiaan dalam bingkai ketangguhan berkelanjutan di berbagai tataran.

“Kami bersyukur masih dipercaya untuk menjadi penyelenggara forum diskusi dan tukar gagasan ini. Melanjutkan agenda dari Kongres Kemanusiaan Indonesia yang pertama pada 2021 silam, sekaligus memperingati milad Human Initiative ke-24, kali ini kami berfokus pada pesan kesetaraan dalam kemitraan,” ujar Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative.

 

Mengangkat tema “Kemitraan yang Berkesetaraan pada Tata Kelola Kemanusiaan Baru Berdasarkan SDGs”, forum ini dibahas dalam dua segmen besar yakni diskusi topik dalam tatanan nasional dan global. Adapun topik yang diangkat dalam forum ini di antaranya yaitu, Prinsip Metode Agenda Kemanusiaan dan Kerangka Kerja Kemanusiaan Indonesia; Penguatan Platform Koordinasi & Kemitraan dalam Menguatkan Peran Aktor Kemanusiaan Lokal; Kerangka Kerja Kemanusiaan Indonesia untuk Kemanusiaan Dunia; Penguatan Platform Koordinasi dan Kemitraan dalam Mendukung Respons Kemanusiaan Global; dan Penguatan Sumber Daya Pendanaan Kemanusiaan Berkelanjutan dalam Menguatkan Respons Kemanusiaan.

 

 

 

 

“Keberagaman Indonesia bukan lagi hanya keberagaman budaya dan suku bangsa namun juga risiko bencana dan krisis yang kita hadapi sangat beragam. Oleh karena itu, membangun sistem respon kemanusiaan yang lebih mumpuni menjadi hal yang sangat penting. Dalam hal inilah kerangka kerja kemanusiaan Indonesia disusun untuk menjadi pedoman yang merepresentasikan identitas Indonesia, serta acuan bersama dalam menyelenggarakan upaya-upaya kemanusiaan, bebasis kemitraan yand setara antara pelaku kemanusiaan nonpemerintah, dengan pemerintah dan mitra mitra internasional dan terutama dengan para pelaku lokal dan komunitas berisiko atau terdampak” jelas Puji Pujiono, Dewan Pakar KKI II.

 

Bens radio – Pada kesempatan yang sama, Human Initiative merilis buku bertajuk ‘Mengukir Senyum Dunia: Jejak Langkah Diplomasi Kemanusiaan Memartabatkan Insan yang Membutuhkan’ sebagai langkah mengkompilasi aktivitas kemanusiaan. Buku yang mengabadikan perjalanan Human Initiative ini merangkum aksi kemanusiaan Human Initiative dalam merespons berbagai isu kemanusiaan khususnya di 12 negara di dunia.

 

Forum yang dihadiri terbatas dan berlangsung secara hybrid ini merepresentasikan berbagai sektor kerja. Hadir berbagai lembaga filantropi yang aktif bergerak dalam sektor kemanusiaan, unsur pemerintahan, sektor privat, akademisi, praktisi, lembaga PBB, hingga media massa. Tidak hanya itu, Human Initiative sebagai penyelenggara juga mendatangkan unsur penerima manfaat program kemanusiaan filantropi, KemenkoPMK, Humanitarian Forum Indonesia, AP-KI, dan SEAHUM. Hal ini didasarkan pada pesan kemiteraan yang setara sehingga menjadikan forum ini diperkaya oleh berbagai ide gagasan yang hadir dari elemen yang beragam.

Written by: Denny Zay

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!