#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Komunitas Forum Lenteng, bukan hanya komunitas pecinta film

today03/01/2022

Background
WhatsApp Image 2022 01 03 at 16.18.22
WhatsApp Image 2022 01 03 at 16.18.22
Sumber Foto : Dok.Bens Radio

Berbicara mengenai film memang selalu menarik dan tidak akan ada habisnya, apalagi jika bertemu dengan sesama yang hobi dengan menonton film. Selain itu, saat ini sudah banyak komunitas atau forum pencinta film ataupun pembuat film. Salah satunya yaitu Forum Lenteng. Pada tanggal 1 Januari 2022 bens café yang digawangin ame Isnain Arsyad alias Bang Isnain kedatangan perwakilan dari Forum Lenteng, bang Yuki Aditya, kak Mellisa dan bang Robby Ocktavian.


Pada kesempatan kali ini perwakilan dari forum Lenteng menjelaskan bahwa Forum ini didirikan sebagai usaha pengembangan pengetahuan media dan seni para anggotanya, dengan cara produksi, pendokumentasian, riset, dan distribusi terbuka. Pengembangan pengetahuan ini menjadi pijakan bagi komunitas untuk membicarakan persoalan sosial masyarakat melalui seni dan media.
Forum ini terbentuk pada 2003 dan setelah sembilan belas tahun berdiri, forum ini telah berkembang dalam berbagai program atas dukungan kerjasama dengan berbagai lembaga dan komunitas di Indonesia dan Internasional. Salah satu acara yang digagas oleh forum Lenteng ini adalah ARKIPEL.


ARKIPEL ini merupakan sebuah acara festival film dokumenter tahunan dari Forum Lenteng yang memiliki tujuan untuk membaca fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi dan budaya melalui sinema. ARKIPEL diniatkan untuk dapat menghadirkan film dokumenter berkualitas (bukan dokumenter televisi) dan capaian eksperimentasi dalam sinema kepada penonton Indonesia, Asia Tenggara dan Internasional. Selain itu, festival ini akan selalu melihat perkembangan bahasa sinema secara kritis, terlepas dari terminologi “sinema industri” atau “sinema independen”. Untuk itulah, ARKIPEL akan selalu menghadirkan wacana kritis dalam melihat perkembangan sinema.


Bang Robby juga menjelaskan bahwa di forum Lenteng ini tidak hanya memiliki acara tahunan ARKIPEL saja, melainkan forum lenteng ini juga memproduksi filmnya sendiri, pada tahun 2021 sudah memproduksi 3 film documenter dan pada 2022 forum lenteng akan memproduksi film tentang candi yang berdurasi sekitar 90 menit.


Bang Robby juga menjelaskan bahwa selain ada acara tahunan festival ARKIPEL, Forum Lenteng ini juga memiliki kegiatan lain yaitu memproduksi film sendiri. Pada tahun 2021, Forum Lenteng sudah memproduksi 3 film dokumenter, dan rencananya pada tahun 2022 ini Forum Lenteng akan merilis sebuah film documenter tentang candi yang berdurasi sekitar 90 menit.


Pada akhir kesempatan forum lenteng di bens café ini, forum lenteng memberi tahu kalau markas forum lenteng di Jl. H. Shibi Gg. H. Masan No.69, RT.4/RW.2, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan yang dibuka 24 jam, jika abang none tertarik untuk bergabung atau ingin mampir, forum lenteng akan sangat terbuka.

Written by: M Rizky Viananda


Previous post

3149551700

Suka Makan Seafood Tapi Takut Kolesterol Naik?? Intip Caranya Yuuuk!

Sumber Foto : www.lifestyle.kompas.com 1. Perhatikan cara memasaknya Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Cara memasak paling aman adalah dengan dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali. Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa kita konsumsi. Contohnya, kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan, hingga ikan bakar. […]

today03/01/2022

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%