#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Kiat orang tua dampingi anak penyandang disabilitas jalani PJJ

today18/03/2021

Background
pexels august de richelieu 4260325
Jakarta (ANTARA) – Instruktur Nasional Pendidikan Inklusif sekaligus Ketua Yayasan Wahana Inklusif Indonesia, Tolhas Damanik, memaparkan sejumlah kiat yang bisa dilakukan orang tua saat mendampingi anaknya yang merupakan penyandang disabilitas saat menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi COVID-19.

Menurut Tolhas, kolaborasi antara orang tua dan guru sangat diperlukan. Untuk mengetahui cara membantu, orang tua harus mengenal jenis disabilitas apa saja yang disandang (bagi anak dengan disabilitas ganda/majemuk), bersama dengan tingkat ringan-beratnya masing-masing.

“Bagaimana masing-masing disabilitas akan mempengaruhi proses pembelajaran, dan bagaimana kombinasi dari jenis-jenis disabilitas memunculkan tantangan dan kebutuhan khusus dalam pembelajaran. Ketika sudah mengetahui ini, maka kita bisa membantu anak,” kata Tolhas dalam seminar daring “Tantangan dan Solusi PJJ Bagi Anak Dengan Multiple Disability” yang digelar pada Kamis.

Baca juga: Kolaborasi dan teknologi tunjang PJJ bagi anak penyandang disabilitas

Baca juga: Angkie Yudistia sebut lingkungan inklusif tanggung jawab bersama

Lebih lanjut, Tolhas mengatakan ketika orang tua dan guru sudah sama-sama berkomunikasi, guru bisa memberikan langkah-langkah dalam pembelajaran.

Langkah-langkah tersebut mencakup pelaksanaan assessment, pengembangan profil, adaptasi kurikulum, pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI), pelaksanaan kegiatan belajar, dan evaluasi serta tindak lanjut.

“Sebenarnya langkah-langkah ini merupakan bentuk penguatan keterampilan, kerja sama, dan komunikasi antara keluarga dan guru dalam penyelenggaraan PJJ itu sendiri. Baik orang tua dan guru juga sebaiknya fokus pada program dan capaian,” kata Tolhas.

Selain itu, pria lulusan Ohio University itu menambahkan bahwa teknologi bisa menjadi kawan dan inovasi untuk mendukung komunikasi, pengembangan diri, dan pembelajaran anak.

“Ada pun bentuk pemanfaatan teknologinya bisa berupa penggunaan aplikasi komunikasi untuk mendukung kerja sama, pembuatan video pembelajaran, dan penggunaan aplikasi pembelajaran yang memaksimalkan keterlibatan serta interaktif bagi anak,” pungkasnya. 

Baca juga: Dukung PJJ merata, Yayasan Bulir Padi rilis “Digital Learning Program”

Baca juga: Kiat orang tua buat konten edukatif untuk anak

Baca juga: Teknologi AI bisa dorong pengalaman belajar secara digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2049950/kiat-orang-tua-dampingi-anak-penyandang-disabilitas-jalani-pjj

Written by: admin


Previous post

IMG 20210318 085334

Columbia pictures pastikan Sekuel “Venom” rilis September 2021

Jakarta (ANTARA) - Film sekuel "Venom" kembali ditunda penayangannya ke bioskop. Hal itu diungkapkan oleh rumah produksi Columbia Pictures.Seperti dilansir dalam Hollywood Reporter, Kamis, penayangan "Venom: Let There Be Carnage" dijadwalkan pada 17 September 2021, mundur tiga bulan dari jadwal sebelumnya yaitu 25 Juni.Baca juga: Tom Hardy dapat gelar CBE dari Kerjaan InggrisSetelah penutupan bioskop- bioskop terjadi akibat pandemi COVID-19, penayangan sekuel "Venom" pun benar- benar keluar dari jadwal perilisan […]

today18/03/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%