Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Kiat atasi dinding rumah rembes air saat musim hujan

Written by on 24/01/2021

Jakarta (ANTARA) – Pada periode musim hujan di awal tahun ini, pemilik rumah sebaiknya memperhatikan masalah yang kerap muncul, misalnya rembesan air karena dinding terpapar hujan terus-menerus dalam waktu yang cukup lama.

Aquaproof dalam siaran pers, Minggu, menyebut beberapa gejala dinding rembes, antara lain muncul bercak jamur, cat mengelupas, penggelembungan cat, dinding retak hingga bau tidak sedap karena ruangan lembap.

Jika rumah Anda mengalami hal-hal di atas, tidak perlu khawatir karena tidak sulit untuk menanganinya, salah satunya menggunakan cat pelapis dinding. Berikut caranya:

Bersihkan permukaan

Bersihkan permukaan yang akan dilapisi dengan air atau air sabun untuk menghilangkan debu, karat, minyak, jamur dan kotoran lainnya kemudian keringkan.

Apabila lapisan cat lama sudah tidak dalam kondisi baik, maka kelupas terlebih dahulu seluruh lapisan cat lama.

Baca juga: Jelang musim hujan, waspadai tiga tanda rembesan air pada rumah

Penempatan lapisan dinding (Pixabay)

Siapkan lapisan

Setelah permukaan bersih dan kering, siapkan lapisan primer campuran Super Cement dan semen dengan perbandingan volume 1: 1,25.

Super Cement berfungsi sebagai lapisan primer untuk menutup retak rambut, mengikat sisa debu dan kotoran, serta meningkatkan daya lekat cat ke substrat.

Baca juga: Adaptasi kebiasaan baru, sulap teras rumah jadi lokasi “Instagramable”

Oles cat pelapis

Setelah lapisan primer kering, lanjutkan dengan memberikan cat pelapis anti bocor menggunakan kuas, rol atau airless spray. Sebanyak 1 kg Aquaproof dianjurkan untuk satu meter persegi dengan 2 kali pelapisan tanpa perlu dicampur air.

Untuk area sambungan atau sudut, sebaiknya diperkuat dengan Polyester Mesh saat lapisan pertama masih basah.

Aquaroof merupakan produk Indonesia yang dibuat berdasarkan kondisi iklim Indonesia. Kandungan polimer sintetisnya dirancang untuk melapisi bagian-bagian rumah yang sering terpapar cuaca ekstrim seperti dinding luar dan atap.

Cat pelapis anti bocor itu tersedia dalam 24 warna dan tiga ukuran kemasan yaitu 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Sedangkan Super Cement tersedia dalam satu warna dan dua ukuran kemasan yaitu 1 kg dan 5 kg. Produk itu tersedia flagship store marketplace Blibli.com, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Jd.id.

Baca juga: Tips menanam tanaman rempah di rumah

Baca juga: Furnitur Blackwood berkolaborasi dengan desainer interior Ary Juwono

Baca juga: Kiat dekorasi rumah nyaman untuk “WFH”

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1964624/kiat-atasi-dinding-rumah-rembes-air-saat-musim-hujan


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *