Kebaya encim karya Megi Efriater meriahkan “fashion show” HUT Jakarta

today14/06/2021

Background
IMG 20210613 WA0002

IMG 20210613 WA0002

Payakumbuh (ANTARA) – Kebaya encim karya Megi Efriater, perancang busana asal Luak Limopuluh, Sumatera Barat, ikut memeriahkan fashion show yang digelar oleh Perempuan Pelestari Budaya Indonesia (PPBI) dalam serangkaian HUT DKI Jakarta ke-494.

Megi ketika dihubungi dari Payakumbuh, Minggu, mengatakan bahwa dirinya diundang khusus sebagai pengisi utama acara yang diselenggarakan oleh PPBI dengan tema “None Batavia” di Hotel Borobudur Jakarta pada Sabtu (12/6).

“Salah satu tujuan PPBI dalam melestarikan pecinta karya budaya Indonesia adalah untuk memperkenalkan ragam keunikan Indonesia. Pada kebaya saya ini memiliki bordir kerancang khas Luak Limopuluah,” katanya.

Baca juga: Di balik pesona dinamis kaus dari masa ke masa

Ia mengatakan kesempatan seperti ini tidak akan disia-siakan olehnya terlebih bordiran dan kerancang khas Luak Limopuluah sudah mempunyai pangsa pasar di Jakarta.

Hal tersebut juga tidak terlepas karena kebaya encim bordiran memiliki pola yang hampir sama dengan kebaya Betawi.

Ia berharap dengan kesempatan yang didapatkannya kali ini dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian para pengrajin di Luak Limopuluah terlebih saat ini pandemi seperti sekarang.

“Kalau boleh saya tak ingin disebut sebagai desainer dan lebih memilih disebut enterpreneur, karena hasil karya kebaya encim yang saya bawa itu adalah hasil buatan tangan masyarakat Luak Limopuluah yang awalnya saya ajarkan dan diajak untuk berkarya bersama,” ujarnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga: Bisnis fesyen saatnya berinovasi dan kolaborasi

Pria yang tinggal di Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota itu mengatakan saat ini kebaya encim sudah merambah pasar di Singapura dan Malaysia.

“Kita sebagai enterpreneur harus bekerja lebih keras dan kreatif lagi dalam mencari pasar. Alhamdulillah semua kebaya yang ditampilkan langsung dibeli oleh undangan yang hadir,” kata dia.

Baca Juga Abang None :  Uniknya rasa nastar klepon dari Palembang

Selain itu, dia berharap agar ke depannya bisa terus menjalin kerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dalam mengembangkan dan memasarkan bordiran dan kerancang khas Luak Limopuluah.

Megi yang juga ditunjuk sebagai narasumber di acara talk show berbicara tentang pelestarian budaya untuk generasi muda saat ini dan bagaimana membuat generasi milenial cinta akan budaya dan kerajinan.

“Bordiran dan kerancang tidak hanya bisa diaplikasikan dalam sebuah kebaya encim saja, namun bisa dibuat untuk outer, baju muslim, kurung melayu, gown dan sebagainya. Ini tergantung kita memberikan sentuhan inovasi yang diminati pecinta fashion saat ini,” ujarnya.

Baca juga: Baju Sadariah, pakaian adat Betawi untuk kaum Adam

Baca juga: Menelusuri sejarah Kebaya Encim

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2208506/kebaya-encim-karya-megi-efriater-meriahkan-fashion-show-hut-jakarta

Written by: admin


Previous post

“Jagat Arwah”, film horor dengan unsur misteri budaya Nusantara

Jakarta (ANTARA) - "Jagat Arwah" menjadi film original horor pertama dari rumah produksi Visinema Pictures yang akan mengelaborasikan berbagai unsur misteri budaya di Indonesia. Film ini dibintangi oleh Ari Irham sebagai Raga, Oka Antara sebagai Jaya dan Cinta Laura Kiehl sebagai Nonik.Produser Tersi Eva Ranti dalam Visinema Week 2021, dikutip dari siaran resmi, Jumat, mengatakan film ini berkisah tentang anak bernama Raga yang mencari jati diri sesungguhnya sebagai penjaga jagat."Di film ini […]

today13/06/2021


Similar posts

Artikel

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang Lapak Ganjar promosi yang diinisiasi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berjalan efektif. Di antaranya mampu mengangkat UMKM menjadi lebih berkembang dan produknya bisa dikenal hingga ke luar negeri. Saat ditemui di tempat produksinya Jowahan RT 1 RW 5, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten […]

today01/12/2022

Artikel

Tangsel Sejiwa Fest Vol. 2 Ajak Masyarakat Rayakan Hari Jadi Kota Tangerang Selatan Ke-14 Dengan Tertib Bersama Deretan Artis Nasional

Sejiwa Fest Vol.2 (Sumber : Metro Banten) Tangsel Sejiwa Fest Vol. 2 sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Tangerang Selatan Ke-14, berjalan begitu meriah dengan antusiasme masyarakat yang luar biasa. Acara yang diadakan selama dua hari pada 19-20 November 2022 ini sukses membuat masyarakat terhibur oleh hadiah dari Pemerintah Kota Tangerang […]

today24/11/2022

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

0%
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x