Artikel

Jumpa Komunitas Sahabat Arsip

today14/12/2022

Background
WhatsApp Image 2022 12 14 at 13.02.14
Jumpa Komunitas Sahabat Arsip

Abang None, sebagai sebuah upaya dalam membangun kedekatan dengan masyarakat, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Jumpa Komunitas Sahabat Arsip. Acara tersebut dilaksanakan secara daring dan luring dan dihadiri perwakilan komunitas yang memiliki kepedulian terhadap arsip, sejarah dan budaya.
Kepala ANRI, Imam Gunarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini cukup monumental, karena turut dideklarasikan jaringan Komunitas Sahabat Arsip.

Pada acara tersebut turut dideklarasikan Komunitas Sahabat Arsip sebagai bentuk ikatan solidaritas dan penjajakan kerja sama antarkomunitas. Pada deklarasi ini, telah disepakati “Deklarasi Komunitas Sahabat Arsip” yang merupakan endapan intisari dari 49 (empat puluh sembilan) poin usulan deklarasi yang bersama-sama didiskusikan oleh perwakilan komunitas sahabat arsip. Deklarasi tersebut ditandatangani 21 perwakilan komunitas yang hadir secara luring dan turut disaksikan Kepala ANRI,
Imam Gunarto dan Deputi Bidang Konservasi Arsip (Kandar).

Selanjutnya dilaksanakan talkshow kearsipan yang menghadirkan Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar dan Presiden Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, Pendiri Komunitas Ternate Heritage Society, Maulana Ibrahim. Adapun moderator talkshow ialah perwakilan Komunitas Backpacker Jakarta, Adiva Chesa.
Sebagai informasi, kegiatan Jumpa Komunitas Sahabat Arsip digelar Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat ANRI secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting dan luring di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, Gedung C, lantai 2 ANRI. Pada acara ini pun dilaksanakan deklarasi dari 66 komunitas yang hadir secara daring ataupun luring untuk mendukung pembentukan jaringan komunitas Sahabat Arsip. Adapun penandatanganan deklarasi dilakukan oleh perwakilan komunitas yang hadir secara luring sejumlah 21 komunitas. Mengakhiri acara, peserta yang hadir secara luring juga diajak mengunjungi Diorama sejarah Perjalanan Bangsa, depot arsip konvensional, depot arsip teks proklamasi dan tempat restorasi arsip.

Sumber : Biro Perencanaan dan Humas ANRI

Written by: Puspa Baresi


Previous post

Artikel

‘Melangkah Pergi Berlari’ Kolaborasi Anyar Ninoy dan Jeje GuitarAddict

sumber: Bens Radio Bens Radio - Ninoy kembali merilis single terbarunya yang berkolaborasi dengan Jefri Irsyad, pemilik akun YouTube Jeje GuitarAddict, yang berjudul “Melangkah Pergi Berlari” pada 4 Oktober 2022. Sebelumnya, Ninoy sempat membocorkan hal ini saat wawancara di acara ulang tahun Bens Radio ke-32. Lagu ‘Melangkah Pergi Berlari’ ini bercerita tentang seorang yang diselingkuhi oleh kekasihnya dan memutuskan untuk move on dari kekasihnya itu. Uniknya, lagu dengan konsep ballad ini tidak dikemas menjadi musik yang slow. Ternyata lagu yang […]

today13/12/2022

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%