Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


“Jujutsu Kaisen” buat Kuil Senkoji Jepang diminati wisatawan

Written by on 17/05/2021

Jakarta (ANTARA) – Popularitas yang meledak dari serial komik (manga) “Jujutsu Kaisen” menjadikan Kuil Senkoji di Jepang sebagai magnet terbaru bagi para penggemar yang ingin mengunjungi situs yang terkait dengan roh terkutuk favorit mereka dalam manga itu.

Kuil Senkoji di Takayama, Prefektur Gifu, yang mendewakan Ryomen Sukuna, salah satu antagonis utama dalam manga tentang seorang anak sekolah menengah yang bergabung dengan organisasi rahasia untuk melawan roh yang membawa kemalangan bagi orang-orang tersebut.

Dikutip dari Kantor Berita Kyodo, Senin, kepala pendeta kuil berusia 66 tahun, Daien Oshita, telah menyambut “ziarah anime” yang tak terduga, mengatakan dia telah membaca manga sendiri dan senang orang-orang mempelajari lebih lanjut tentang sejarah lokal wilayah Hida.

Baca juga: Komik “Attack on Titan” tamat setelah hampir 12 tahun, ini bocorannya

Manga yang telah diserialkan di Shueisha Inc. Weekly Shonen Jump sejak Maret 2018, telah mengumpulkan banyak pengikut dengan lebih dari 45 juta eksemplar beredar pada April tahun ini.

Manga tersebut juga telah diterbitkan dalam bahasa Inggris mulai tahun 2019, dan serial televisi anime 24 episode ditayangkan dari Oktober 2020 hingga Maret 2021 di Jepang. Sebuah film animasi rencananya akan dirilis akhir tahun ini.

Dalam Nihon Shoki, kronik kuno Jepang yang diselesaikan pada abad kedelapan, Ryomen Sukuna digambarkan sebagai iblis dengan dua wajah dan delapan anggota tubuh yang memberontak melawan istana kekaisaran selama periode Yamato.

senkoji1
Patung Ryomen Sukuna di Kuil Senkoji di Gifu, Jepang. (go-centraljapan.jp)

Namun di wilayah Hida, Ryomen Sukuna dianggap sebagai pahlawan dan penolong. Legenda mengatakan bahwa 1.600 tahun yang lalu, dia adalah pemimpin klan kuat yang menemukan gunung tempat kuil Senkoji kemudian dibangun dan memerintah seluruh wilayah.

Banyak patung dirinya dapat ditemukan di kuil yang juga terkenal sebagai tempat tinggal Enku, seorang biksu Budha Jepang dari zaman Edo, berdiam dalam waktu yang lama.

Tapi tahun ini, orang banyak datang untuk sesuatu selain patung Enku.

Untuk membantu pengunjung dari luar wilayah mempelajari lebih lanjut tentang Ryomen Sukuna, Oshita telah membuka “Balai Sukuna” untuk umum pada akhir pekan. Pembukaan khusus aula, yang sebelumnya terbatas pada upacara peringatan Buddha, diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun.

Oshita juga melakukan pameran percobaan dua patung Ryomen Sukuna berdampingan – satu dalam pose berdiri, yang diabadikan di belakang aula utama, dan satu lagi dalam pose duduk yang diukir oleh Enku.

Dia mengatakan cap candi Sukuna dan jimat keberuntungan yang menampilkan dewa juga populer.

“Mempelajari sejarah Ryomen Sukuna dari berbagai sudut akan mendorong orang untuk berpikir tentang yang baik dan yang jahat,” kata Oshita.

Baca juga: Prekuel “Jujutsu Kaisen 0” siap diadaptasi ke bentuk film

Baca juga: “Detective Conan: The Scarlet Bullet” cetak rekor baru di Jepang

Baca juga: “The Way of the Househusband” puncaki “chart” Netflix Jepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2159146/jujutsu-kaisen-buat-kuil-senkoji-jepang-diminati-wisatawan


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments