Current track

Title

Artist

[the_ad id="18136"]

[the_ad id="18136"]


Jambi Miliki 3 Warisan Budaya Takbenda

Written by on 14/12/2021

Abang None, terdapat tiga karya budaya asal Jambi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021. Masing-masing karya budaya ada yang seni pertunjukan, adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan, serta keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional.

1. Pelaminan Kungkai

Pelaminan Kungkai tradisional asal Jambi terdiri atas tiang bantal yang melambangkan kata sepakat yang dipegang pihak keluarga dan ninik mamak yang mencerminkan rumah Tengganai. Tiang bantal dilengkapi bantal kasur, guling, tikar lapik digunakan untuk tempat beristirahat pengantin laki-laki dan hal ini mencerminkan pihak keluarga sangat menghormati tamu apalagi menantu (pihak pengantin laki-laki).

2. Tari Ngebeng

Asal usul dari Tari Ngebeng berasal dari desa Rambutan Masam, Kecamatan Muaro Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Desa ini adalah salah satu desa tua di pinggiran Sungai Batanghari.

3. Ngayun Luci

Ngayun artinya mengayun, sedangkan luci adalah suatu wadah atau tempat yang dibuat menyerupai kerucut terbalik. Di atasnya diletakkan burung-burungan yang terbuat dari kayu dan isinya adalah buah-buahan hutan atau buah-buahan rimba.

Upacara Ngayun Luci disebut juga Aseak Ngayun Luci karena ketika upacara berlangsung luci diayun-ayun oleh pawang atau bulian sale. Sementara peserta lainnya menari-nari menarikan tari aseak.

Sumber : www.liputan6.com


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!