#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Jambi Miliki 3 Warisan Budaya Takbenda

today14/12/2021

Background
jambi

Abang None, terdapat tiga karya budaya asal Jambi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021. Masing-masing karya budaya ada yang seni pertunjukan, adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan, serta keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional.

1. Pelaminan Kungkai

Pelaminan Kungkai tradisional asal Jambi terdiri atas tiang bantal yang melambangkan kata sepakat yang dipegang pihak keluarga dan ninik mamak yang mencerminkan rumah Tengganai. Tiang bantal dilengkapi bantal kasur, guling, tikar lapik digunakan untuk tempat beristirahat pengantin laki-laki dan hal ini mencerminkan pihak keluarga sangat menghormati tamu apalagi menantu (pihak pengantin laki-laki).

2. Tari Ngebeng

Asal usul dari Tari Ngebeng berasal dari desa Rambutan Masam, Kecamatan Muaro Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Desa ini adalah salah satu desa tua di pinggiran Sungai Batanghari.

3. Ngayun Luci

Ngayun artinya mengayun, sedangkan luci adalah suatu wadah atau tempat yang dibuat menyerupai kerucut terbalik. Di atasnya diletakkan burung-burungan yang terbuat dari kayu dan isinya adalah buah-buahan hutan atau buah-buahan rimba.

Upacara Ngayun Luci disebut juga Aseak Ngayun Luci karena ketika upacara berlangsung luci diayun-ayun oleh pawang atau bulian sale. Sementara peserta lainnya menari-nari menarikan tari aseak.

Sumber : www.liputan6.com

Written by: Puspa Baresi


Previous post

ilustrasi gempa

GEMPA M 7.5 DI NTT, BMKG MENGELUARKAN PERINGATAN DINI TSUNAMI

Sumber Foto : kicaunews.com Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di provinsi Maluku, NTB, NTT, Sulawesi  Selatan dan Sulawesi Tenggara. Peringatan dini disampaikan usai terjadinya gempa M 7,5 yang pada hari ini, Selasa, 14 Desember 2021. "Pemutakhiran Peringatan Dini, Tsunami akibat gempa Mag:7.4 (113 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), telah terdeteksi di MARAPOKOT(10:36WIB)0.07m, REO(10:39WIB)0.07m demikian pernyataan BMKG di Website BMKG. Lokasi gempa yang terjadi di 7.59 LS, 122.26 […]

today14/12/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%