ALL ARTIKEL

Get Closer with KUBURAN

today28/01/2022

Background
Get Closer with KUBURAN (Sumber Foto : Didi Music Records)

Bens Radio – Kuburan dibentuk pada tanggal 11 September 2001 di Kota Bandung. Band pengusung multi genre ini dikenal dengan aksi panggung yang unik dan sarat gimmick. Dari tiba di venue menggunakan kuda, aksi break dance, jaipongan, topeng monyet sampai cheerleaders pernah mereka bawa dalam aksi panggungnya. Satu lagi yang menjadi ciri khas dari Kuburan adalah fashion yang “tematik” dan face paint yang beda tipis antara Kiss dan Ria Jenaka. Pendek kata Kuburan adalah salah satu band paling menghibur di 2 dekade akhir ini, baik di atas panggung maupun di media lainnya, mereka berhasil dengan konsisten mempertahankan persona mereka yang cukup absurd.

GET CLOSER with KUBURAN ini menjadi tantangan tersendiri. Image GET CLOSER yang biasanya dibawa ke suhu yang hangat dan mood yang menenangkan, kini harus dibenturkan dengan Kuburan yang sarat gimmick dan unsur klenik. Belum lagi penampilan mereka yang cukup membuat barisan Arfir’s String Quartet bergidig keras saat memasuki studio. Banyak adaptasi-adaptasi yang dilakukan untuk mengakomodir kolaborasi ini (yang dalam proses pengerjaannya ternyata sangat menyenangkan). GET CLOSER with KUBURAN ini merupakan versi CET CLOSER paling avant-garde (sejauh ini). Pasti terdengar self-proclaimed, tapi memang itu kenyataannya. Kuburan berhasil melawan konvesi estetika klenik lokal yang menyeramkan dengan penampilannya yang seram namun sama sekali tidak ada seram-seramnya (mana ada pocong tapi menggemaskan).

Seperti biasa, GET CLOSER selalu ditemani kolaborator-kolaborator terpilih. Mawang yang berkolaborasi di lagu “Uri Udah Gede”, dengan lirik yang spontan, bisa menempatkan Mawang di level absurd yang sama dengan Kuburan. Rifqi dan Dandy kolaborator di lagu ”Jesika” bisa dengan baik berkomunikasi dengan Esa (Vokalis Kuburan) tanpa merubah nuansa rock melayu 90an di lagu itu. Sarah Saputri di lagu “Lupa Tapi Ingat”, memberikan unsur “Bluesy” dengan warna suara yang khas dan permainan harmonikanya. Serasa seperti di New Orleans saat perhelatan Mardi Gras. “Saredona” dan “A Letter To euis” disajikan dengan aransemen yang pas untuk sajian GET CLOSER with KUBURAN ini. Berbicara soal aransemen, elemen penting di setiap sajian GET CLOSER pastinya adalah string. String di GET CLOSER with KUBURAN ini di aransemen oleh Dorry Windhu Sanjaya dan dimainkan oleh Arfir’s String Quartet.

GET CLOSER with KUBURAN ini merupakan sajian paling mengerikan (yang sekaligus mengge- likan) dengan proses produksi paling menyenangkan di awal tahun ini. Bahkan pengumuman tayang pun kami buat jauh sebelum jadwal tayang, agar penonton bisa menabung nyali untuk menonton premiere-nya.

Selamat Menikmati GET CLOSER with KUBURAN

Sumber :  Didi Music Records

Written by: admin

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!