ALL ARTIKEL

Dompet Dhuafa Bersama Super Indo Gencarkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat & Kelestarian Alam, Melalui Program Tebar Hewan Kurban 1444H

today21/06/2023

Background
Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Bersama Super Indo Gencarkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat & Kelestarian Alam

JAKARTA – Momentum hari raya Idul Adha diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan di Indonesia. Dompet Dhuafa dengan pengembangan program Tebar Hewan Kurban serta mendukungan pemberdayaan DD Farm, manajemen pengelolaan wadah daging kurban yang serta merta melibatkan masyarakat lokal dalam pembuatan wadah yang ramah lingkungan sehingga diharapkan dengan kampanye Kurban Asyik Tanpa Plastik dapat menekan penggunaan sampah plastik hingga pencemaran lingkungan.

Dompet Dhuafa Bersama Super Indo Gencarkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat & Kelestarian Alam
Dompet Dhuafa Bersama Super Indo Gencarkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat & Kelestarian Alam

Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi, Teknologi, dan Tata Kelola Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini menggandeng rekan-rekan media untuk menyuarakan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa ini ke seluruh masyarakat luas hingga pelosok negeri.

” Tebar hewan kurban program yang mengintegrasikan pemberdayaan peternak, pada idul adha kaki ini kita menargetkan 32.000 Setara Doka, Tebar Hewan Kurban tidak terlepas dari teman-teman media yang membantu dalam proses syiar Kurban 1444 H kepada seluruh masyarakat khususnya para donatur Kurban Dompet Dhuafa tahun ini, ” Jelas Prima Hadi dalam diskusi publik sore ini (Rabu, 21/06).

Program Tebar Hewan Kurban 1444 H kembali bekerja sama dengan PT. Lion Superindo yang sebelumnya sudah menjalin kolaborasi kebaikan selama 4 tahun bersama Dompet Dhuafa.

“Salah satu pilar Sustainability kami yaitu community connection melalui pendekatan community development dan juga filantropi. Sejak berdiri pada 25 tahun lalu, kami secara regular melaksanakan kegiatan sosial rutin baik skala regional maupun nasional dengan berkolaborasi bersama mitra kami. Tahun 2023 merupakan tahun keempat Super Indo bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Selain karena kredibilitas yang baik dari Dompet Dhuafa, kami melihat Dompet Dhuafa memiliki semangat yang sama dengan Super Indo yaitu semangat kolaborasi dan memberikan kemudahan untuk pelanggan. Dengan adanya program ini, kami berharap dapat memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan kurban pada tahun ini. Supaya semangat dan manfaatnya juga semakin tersebar, bagi pelanggan Super Indo yang telah menjadi member My Super Indo, akan ada benefit tambahan yaitu potongan harga untuk Domba/Kambing Premium dan Sapi untuk periode pembelian hewan kurban di gerai Super Indo mulai tanggal 22-28 Juni 2023,” ungkap Donny Ardianta Passa, Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo.

Baca Juga Abang None :  Pemerintah bantu promosi dan produksi film lokal
Program Tebar Hewan Kurban 1444H
Program Tebar Hewan Kurban 1444H

Mariatul Kibtiah selaku Ketua THK 2023 dalam diskusi ini memaparkan terkait Program Tebar Hewan Kurban kepada rekan-rekan media mengenai proses pendistribusian hewan kurban dengan Quality Control sesuai syariat hingga kepelosok negeri.

 

” Program Tebar Hewan Kurban ini sudah memasuki ke-29 kali, hadir dengan tujuan untuk bisa ikut memberdayakan peternak dan melakukan sebaran hewan kurban hingga pelosok negeri dengan mentargetkan lebih dari 1,2 juta jiwa penerima manfaat daging hewan kurban, Dompet Dhuafa juga menjamin hewan kurban yang diamanahkan oleh para donatur sudah dipastikan sehat dan terpenuhi sesuai syariah,” jelas Lia.

 

Disisi lain hegemoni kurban juga mempengaruhi budaya masyarakat dalam memanfaatkan wadah daur ulang sebagai perangkat wadah daging dalam pendistribusian daging. Di kota-kota besar pemanfaatan wadah masih banyak menggunakan plastik sebagai wadah daging dalam pendistribusiannya.

Pemanfaatan wadah dari kantung plastik dapat memicu tingginya sampah dan perusakan lingkungan. Tahun 2022 gerakan kurban asik tanpa sampah plastic telah berhasil merubah penggunaan kemasan sekali pakai saat distribusi kurban menjadi kemasan ramah lingkungan sebanyak 137.539 paket di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Program Tebar Hewan Kurban 1444 H kembali bekerja sama dengan PT. Lion Superindo
Program Tebar Hewan Kurban 1444 H kembali bekerja sama dengan PT. Lion Superindo

Lebih lanjut, Ujang Solihin Sidik selaku Kasubdit Tata Laksana Produsen KLHK menambahkan, “#SatuKurbanBanyakKebaikan ini salah satunya kebaikan yang juga harus berlakukan untuk lingkungan sekitar, dengan gerakan kurban tanpa plastik dengan gerakan ini justru memunculkan masyarakat yang kreatif dengan munculnya wadah-wadah pengganti kantong plastik, yang kabar baiknya gerakan ini terus meningkat setiap tahun nya dan akan terus dilakukan dalam upaya memilah dan mengolah sampah terutama sampah plastik yang akan dilakukan tahun ini beriringan bersama Dompet Dhuafa.”

Bens Radio – Dompet Dhuafa dengan tagline Satu Kurban Banyak Manfaat berharap, dukungan masyarakat dengan berkurban dapat mendukung pemerataan kesejahteraan sosial serta meningkatkan konsumsi gizi dalam upaya pencegahan stunting bagi anak-anak. Di sisi lain dengan kampanye Kurban Asik tanpa Plastik diharapkan masyarakat semakin peduli dengan kelestarian alam serta meminimalisir penggunaan plastik dalam hegemoni kurban.

Baca Juga Abang None :  The Panturas rilis film pendek lagu "All I Want" di YouTube

“Kesenjangan konsumsi daging dan potensi kurban untuk intervensi daging, dengan potensi 103,0 Ribu Ton Daging Kurban di 1444 H menjadi peluang bagi Dompet Dhuafa dalam upaya perbaikan bagi defisit protein untuk masyarakat miskin khususnya para mustahik miskin ekstrim dengan pendistribusian daging kurban yang merata,” tambah Yusuf Wibisono Selaku Direktur IDEAS.

Turut hadir Aliyah Sayuti selaku Super Volunteer Dompet Dhuafa yang berbagi pengalaman nya selama lebih dari 5 tahun ikut dalam kolaborasi kebaikan menebarkan hewan kurban kepelosok negeri yang dilangsungkan Dompet Dhuafa.

Program Tebar Hewan Kurban 1444 H
Program Tebar Hewan Kurban 1444 H

“Sudah sejak 2018 saya berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa menjadi Super Volunteer menjadi pengalaman yang sangat berkesan dengan segala lika liku perjalanan menuju pesebaran hewan kurban hingga ke pelosok negeri khususnya tempat-tempat 3T untuk menyalurkan amanah para donatur,” tutur Aliyah.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:

Public Relations Dompet Dhuafa

Philanthropy Building
Jl. Warung Jati Barat No.14
Jakarta Selatan 12540, IndonesiaTentang Dompet Dhuafa
U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Fatzry (+6281398932008)

Written by: Denny Zay

Similar posts

Kabar Anget

Presiden Joko Widodo Kunjungi Booth MG di IIMS 2024, Menyoroti Komitmen MG terhadap Mobilitas Berkelanjutan

Bens Radio - Jakarta, 15 Februari 2024 – Pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, kunjungan Presiden Joko Widodo ke booth MG menjadi sorotan utama, menegaskan kembali pentingnya inovasi dan keberlanjutan dalam industri otomotif Indonesia. MG Motor Indonesia, sebagai bagian dari merek otomotif legendaris asal Inggris, menampilkan komitmennya […]

today16/02/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!