Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Cek Fakta: Indonesia tidak sikapi penyerangan Israel terhadap Palestina?

Written by on 12/05/2021

Jakarta (ANTARA/JACX) – Mantan Sekretaris Kementerian BUMN M. Said Didu, dalam ungghan akun pribadi di Twitter @msaid_didu, menyebut Indonesia tidak bersikap atas penyerangan Israel terhadap warga Palestina di Lingkungan Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, pada awal Mei 2021.

Berikut unggahannya di Twitter:

 

Unggahan pada Rabu (12/5) itu telah mendapatkan 635 balasan dari penggguna lain Twitter, diunggah ulang oleh 76 pengguna lain, dan disukai lebih dari tiga ribu pengguna lain hingga pukul 12.30 WIB.

Namun, benarkah pemerintah Indonesia belum memberikan pernyataan sikap terkait penyerangan Israel atas warga Palestina itu?

 

1620796341436
Tangkapan layar cuitan Said Didu yang mengatakan pemerintah tidak bersikap atas penyerangan Israel terhadap Palestina. (Twitter/@msaid_didu)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan yang dibagikan M. Said Didu, lewat Twitter, memuat informasi yang tidak akurat.

Faktanya, Presiden Joko Widodo telah menyatakan sikap Indonesia terkait serangan Israel pada Senin (10/5). Presiden Indonesia mengutuk aksi pengusiran paksa yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah, sebagaimana terdapat dalam berita ANTARA.

“Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan. Indonesia mengutuk tindakan tersebut,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel.

Kepala Negara menegaskan Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina.

Sebelumnya pada Minggu (9/5), Kementerian Luar Negeri Indonesia juga mengeluarkan keterangan pers terkait serangan Israel terhadap warga Palestina saat beribadah di Masjid Al Aqsa.

“Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan,” demikian keterangan Kemlu, sebagaimana terdapat dalam berita ANTARA.

Klaim: Indonesia tidak sikapi penyerangan Israel terhadap Palestina

Rating: Misinformasi

Baca juga: 35 warga Palestina tewas di Gaza, 3 di Israel, saat serangan meningkat



Baca juga: Israel ulur waktu penggusuran warga Palestina di Yerusalem

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2152586/cek-fakta-indonesia-tidak-sikapi-penyerangan-israel-terhadap-palestina


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments