ALL ARTIKEL

Calung dan Lengger Banyumasan Di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta

today19/08/2023

Background
Calung dan Lengger Banyumasan

Siapa yang nggak kenal sama mendoan? Gorengan berbahan dasar tempe yang digoreng ‘mendo’ atau setengah matang ini, merupakan makanan khas kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.  Ternyata nih  pada tahun 2021 lalu, Mendoan Banyumas ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda (WBTB) kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional.

Ngomong-ngomong soal WBTB di Kabupaten Banyumas bukan hanya Mendoan yang masuk dalam WBTB  Ada kesenian calung dan kesenian lengger banyumasan yang juga ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda pada tahun-tahun sebelumnya.

Calung memiliki keunikan karena bentuk instrumen yang terbuat dari bambu dengan suara nyaring dan beresonansi mirip seperti karakteristik gamelan yang tebuat dari logam. Musik Calung erat kaitanya dengan tari Lengger Keduanya kerap ditampilkan sebagai satu pertunjukan yang disebut Calung Lengger

Sementara, Lengger merupakan kesenian tari rakyat yang lahir dari masyarakat petani dan melambangkan kesuburan Keunikan dalam tarian Lengger adalah tarian yang menggambarkan gerakan Perempuan namun ditarikan oleh lelaki. Para penari ini didandani dan mengenakan busana seperti layaknya penari wanita.

Bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Jawa Tengah ke 78, Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara Gelar Kesenian Rakyat dengan menampilkan Calung dan Lengger Banyumasan Untuk yang penasaran seperti apa sih kesenian calung dan lengger banyumasan yuk datang ke Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta, Sabtu 19 Agustus 2023 jam 7 malam Kita ramaikan pertunjukan spesial dari Rumah Lengger.

Sampai jumpa di Kota Tua!!!

Baca Juga Abang None :  Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar

Written by: Denny Zay

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!