ALL ARTIKEL

Baru!! Perahu Era Viking Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

today27/01/2022

Background

Sumber Foto : www.kompas.id

perahu era viking
UNESCO menetapkan perahu layar kayu dari era Viking sebagai warisan budaya tak benda pada Desember 2021. Kapal ini dulu digunakan untuk mencari ikan, berdagang, serta berperang. (Sumber Foto : www.kompas.id)

Bens Radio – Abang None, perahu layar kayu bangsa Nordic yang sering disebut clinker ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO. Upaya melestarikan tradisi pembuatan perahu era Viking ini diharapkan berlanjut.

UNESCO menetapkan perahu tersebut sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) pada Desember 2021. Adapun clinker diajukan sebagai WBTB oleh Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia. Ini merupakan WBTB pertama yang diajukan bersama oleh seluruh wilayah Nordic.

Nielsen, yang mengawasi pembangunan dan perbaikan perahu kayu yang dibangun dengan tradisi klinker, mengatakan hanya ada sekitar 20 pengrajin perahu klinker yang berlatih di Denmark, mungkin 200 di seluruh Eropa utara.

Perahu klinker kayu dicirikan oleh penggunaan papan lambung kayu memanjang yang tumpang tindih yang dijahit atau dipaku menjadi satu.

Pembangun memperkuat perahu secara internal dengan komponen kayu tambahan, terutama pohon ek tinggi, yang merupakan tulang rusuk kapal. Mereka mengisi celah di antaranya dengan tar atau lemak yang dicampur dengan bulu hewan, wol, dan lumut.

Sumber : www.kompas.id | www.satuharapan.com

Written by: admin

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!