Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Aktris pemenang Oscar Olympia Dukakis meninggal dunia

Written by on 02/05/2021

Jakarta (ANTARA) – Olympia Dukakis, aktris yang memenangkan Oscar untuk peran pendukungnya dalam film “Moonstruck” (1987), serta membintangi “Away From Her”, tiga film “Look Who’s Talking” dan “Mr. Holland’s Opus” meninggal pada Sabtu (1/5) waktu setempat di rumahnya di New York City.

Dia berusia 89 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang buruk selama beberapa waktu.

“Adikku tercinta, Olympia Dukakis, meninggal pagi ini di New York City,” tulis saudara laki-lakinya Apollo, yang mengkonfirmasi kematiannya di halaman Facebook-nya, dikutip dari Deadline, Minggu.

“Setelah berbulan-bulan kesehatannya menurun, dia akhirnya merasa damai dan dengan (suaminya) Louis (Zorich).” Penyebab kematian belum ditentukan.

Ada pun film lainnya yang ia bintangi termasuk “Steel Magnolias” (1989), “Look Who’s Talking” (1989), “Over the Hill” (1992), “I Love Trouble” (1994), dan “Picture Perfect” (1997).

Ia juga menghiasi layar televisi melalui beberapa konten, termasuk untuk drama transgender “Tales of the City” (1993) dan sekuel 1998-nya, yang membuatnya mendapatkan nominasi Emmy. Dukakis juga muncul dalam “Armistead Maupin’s Tales of the City” di Neflix pada 2019.

Dukakis adalah seorang veteran teater yang meraih emas dalam bisnis film di kemudian hari. Dia berusia 56 tahun ketika memerankan ibu Cher yang sinis, Rose Castorini, dalam komedi romantis klasik Norman Jewison, Moonstruck.

Penggambarannya sebagai seorang wanita yang terlalu melibatkan kehidupan cinta putrinya membuatnya mendapatkan Academy Award, Golden Globe, dan nominasi BAFTA

1988 adalah tahun ketenaran setelah Oscar, karena sepupu Dukakis, mantan Gubernur Massachusetts Michael Dukakis, adalah calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Hidup sebagai seorang aktivis dan dermawan seumur hayatnya, Dukakis mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame pada 2013.

Ia lahir pada tanggal 20 Juni 1931, di Lowell, Massachusetts. Wanita itu adalah putri seorang imigran dari selatan Yunani. Pola asuh itu membentuk hidupnya, membawanya ke panggung sebagai sarana ekspresi.

Dia lulus dari Universitas Boston dengan gelar dalam terapi fisik dan master dalam seni pertunjukan. Dukakins kemudian memulai karirnya di New York City.

Ia memulai debutnya di The Aspern Papers pada tahun 1962. Pada tahun yang sama, dia menikah dengan aktor-produser Louis Zorich, terkenal dengan komedi hit NBC “Mad About You” beberapa dekade kemudian. Mereka dikaruniai tiga anak.

Pada tahun 1963, dia memenangkan Obie Awards untuk “A Man’s a Man”, dan dua tahun kemudian dalam “The Marriage of Bette and Boo”.

Karyanya dalam komedi Broadway “Social Security” dengan memerankan ibu Marlo Thomas adalah tiketnya ke dunia perfilman.

Dia dan Zorich kemudian mendirikan Charles Playhouse di Boston dan Whole Theatre di Montclair, N.J. pada tahun 1970-an, tampil bersama dalam beberapa produksi. Dia juga mengajar drama di New York University.

Sementara itu, masih belum ada informasi segera tersedia tentang rencana peringatan (memorial) untuk Dukakis.

Baca juga: Aktris dan komedian Cloris Leachman tutup usia

Baca juga: Perancang tas Longchamp Philippe Cassegrain meninggal akibat COVID-19

Baca juga: Aktor Kevin Dobson meninggal dunia

 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2133770/aktris-pemenang-oscar-olympia-dukakis-meninggal-dunia


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments