#Bensradio1062fm
#Jawarabensradio
#1yangutama_Bensradio
#Betawipunyegaye


Akibat mengunyah hanya di satu sisi mulut

today14/06/2021

Background
Bulan Kesehatan Gigi Nasional 021019 hnd 1

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 021019 hnd 1

Pokoknya sesuatu yang bikin dia tidak bisa mengunyah di sisi lain

Jakarta (ANTARA) –

Mengunyah makanan sebaiknya dilakukan secara seimbang di kedua sisi mulut, sebab kebiasaan hanya mengunyah di satu sisi bisa berdampak terhadap kebersihan mulut.

Dokter spesialis konservasi gigi dari Rumah Sakit Pelni Jakarta dr. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG mengatakan bahwa air liur akan diproduksi ketika seseorang mengunyah.

 

“Salah satu fungsi dari saliva atau air liur itu self-cleansing untuk membersihkan mulut, jadi biasanya sisi yang tidak pernah dipakai mengunyah justru lebih banyak karang giginya,” kata Rosdiana kepada ANTARA.

Baca juga: Benarkah sariawan dapat menular?

 

Air liur atau ludah membuat mulut tidak kering dan nyaman, membantu mengunyah, merasakan makanan dan menelan, serta mengandung protein dan mineral yang melindungi lapisan terluar gigi dan mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi. Air liur membantu membersihkan partikel-partikel makanan dari gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

 

Dokter gigi dari Universitas Indonesia itu menjelaskan, sendi di sisi mulut yang tidak dipakai mengunyah akan melemah karena tidak bekerja. Gigi pada sisi yang dipakai untuk mengunyah mendapat beban yang lebih berat karena semua dipusatkan di situ.

Baca juga: Melanie Putria rajin pakai obat kumur agar tak bau mulut

 

Jika Anda menyadari kebiasaan tersebut, carilah penyebab mengapa hanya satu sisi yang dipakai untuk mengunyah. Rosdiana menjelaskan, ada kemungkinan mengunyah hanya di satu sisi disebabkan rasa tidak nyaman pada rongga sebelah. Sumbernya bervariasi, mungkin ada gigi yang berlubang yang membuat sisa makanan tersangkut ke dalamnya.

 

“Pokoknya sesuatu yang bikin dia tidak bisa mengunyah di sisi lain,” ujarnya.

 

Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab kebiasaan mengunyah di satu sisi, lalu atasi masalahnya agar Anda bisa mengunyah di kedua sisi secara seimbang.

Bila ada gigi yang berlubang, segera tambal agar proses mengunyah di sisi tersebut jadi lebih nyaman. Atau, jika mengunyah tidak nyaman karena ompong, pakailah gigi palsu sehingga proses makan dan mengunyah tidak terganggu.

Baca juga: Waktu tepat untuk sikat gigi selama berpuasa

Baca juga: Perawatan gigi tetap penting di tengah pandemi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2208342/akibat-mengunyah-hanya-di-satu-sisi-mulut

Written by: admin


Previous post

1EF07377 208A 45E7 BB82 FF40D3460766

Ayah Blake Lively meninggal dunia

Jakarta (ANTARA) - Ernie Lively, aktor yang bekerja selama lima dekade di Hollywood yang juga merupakan ayah dari aktris Blake Lively, meninggal dunia pada usia 74 tahun.Aktor, yang lahir pada 29 Januari 1947, meninggal karena komplikasi jantung di Los Angeles Kamis (3/6), People dikutip Kamis.Karier Lively dimulai sejak perannya di "The Waltons" tahun 1975, dia adalah aktor biasa yang dikenal karena penampilan di sejumlah acara televisi, termasuk sebagai Ernie di […]

today14/06/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Bens Radio

adalah stasiun radio etnik Betawi yang disiarkan dari Jakarta. Radio ini telah mengudara sejak awal tahun ’90an. Radio yang didirikan oleh Alm. H. Benyamin S. ini mendedikasikan siarannya

Official Twitter of Radio Betawi Punye Gaye Jl.Tarumanegara No.45 Pisangan Ciputat 15419 Tlp : 021-27599190 WA : 0811 886 1062

untuk etnik Betawi.

0%