Kematian Akibat Bakteri Kebal Antibiotik akan Lampaui Kanker

                          Sumber Foto : Republika

Angka kematian manusia disebabkan oleh infeksi bakteri yang kebal antibiotik diperkirakan akan melebihi kematian yang disebabkan oleh kanker pada tahun 2050. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Yayasan Infeksi Turki Prof Serhat Ünal pada acara pembukaan Program Pendidikan Infeksi Rumah Sakit 2019 di Turki.

Prof Ünal mengatakan bahwa infeksi yang didapat di rumah sakit dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi manusia. Misalnya, dalam kasus pasien yang dirawat karena cedera ringan, dia bisa berujung kematian karena terserang bakteri yang resisten antibiotik tersebut.

Menurut dia, pengendalikan infeksi adalah salah satu cara paling efisien dalam memerangi resistensi antibiotik. Strategi untuk mencegah dan mengendalikan bakteri yang resisten antibiotik memerlukan koordinasi di tingkat EU/EEA dan global. Namun, menurut penelitian itu, kontribusi berbagai bakteri yang kebal antibiotik sangat bervariasi antarnegara sehingga strategi pencegahan harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara.

Sumber : www.gayahidup.republika.co.id