Ratusan alat musik tradisional nusantara dipamerkan di Ambon

today10/11/2020

Background
Ambon (ANTARA) – Sebanyak 263 koleksi alat musik tradisional jenis petik, pukul dan gesek asli Indonesia dipamerkan dalam Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara di gedung pameran tetap satu Museum Siwalima Provinsi Maluku, Kota Ambon, Selasa.

Ratusan alat musik tradisional yang dipamerkan merupakan koleksi dari 31 museum di Indonesia, di antaranya Museum Nasional, Museum MH Thamrin, Museum Sejarah Kota Jakarta, Museum Seribu Moko dan Museum Loka Budaya Universitas Cendrawasih.

Bertemakan “Simfoni Cinta Nusantara”, Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara di Kota Ambon akan berlangsung hingga 25 November mendatang.

“Pameran alat musik tradisional nusantara merupakan kegiatan bersama museum negeri provinsi. Pertama kali digelar tahun 2010 di Museum Nasional di Jakarta,” kata Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku Jean Esther Saiya.

Baca juga: Anggota DPR dukung Karinding masuk warisan budaya dunia oleh UNESCO

Baca juga: Wali Kota Pontianak dukung seniman kledi tampil di Jerman

Sejak digelar pertama kali di Museum Nasional pada 2010, pameran alat musik tradisional nusantara telah dibawa keliling 10 kota di Indonesia.

Museum Siwalima di Kota Ambon menjadi tuan rumah ke-11, setelah sebelumnya dilaksanakan di Museum Mpu Tantular di Sidoarjo pada 14 Agustus-14 September 2019.

Pembukaan pameran di Meseum Siwalima dihibur oleh penampilan orkes musik tradisi Molucca Bamboo Wind Orchestra atau MBO. Mereka membawakan tembang-tembang tradisional nusantara secara medley dengan iringan tiupan suling bambu.

Sedikitnya ada 12 alat musik tradisional Maluku yang juga ikut dipamerkan, yakni jukulele, rebana, tifa, rumba dari tempurung kelapa, suling melintang atau floit, suling paruh, tahuri (terompet dari kulit kerang), gong totobuang, gong sedang, hawaian, tiwal dan prai.

Jean juga berharap Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara bisa menaikkan jumlah kunjungan ke Museum Siwalima yang menurun drastis akibat pandemi COVID-19.

“Sebelumnya museum ditutup dan baru buka lagi Juni kemarin. Jumlah pengunjung memang menurun drastis, bahkan hampir tak ada yang datang. Semoga pameran ini bisa meningkatkkan jumlah pengunjung ke Museum Siwalima,” ucap Jean.

Baca juga: Mikha Angelo harap alat musik buatan Indonesia semakin populer

Baca juga: Museum Nasional simpan 471 alat musik warisan Jaap Kunst

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1831712/ratusan-alat-musik-tradisional-nusantara-dipamerkan-di-ambon

Written by: admin

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!