Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Pusmit Unsoed: Perkuat penerapan protokol kesehatan

Written by on 29/06/2021

75

Purwokerto (ANTARA) – Pusat Mitigasi Bencana Universitas Jenderal Soedirman (Pusmit Unsoed) mengingatkan seluruh masyarakat untuk terus memperkuat penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Pada saat ini menurut data secara nasional terdapat peningkatan kasus baru dan kasus aktif di beberapa provinsi, terlebih lagi terdapat kasus varian baru, yakni varian Delta sehingga upaya antisipasi harus terus diperkuat,” kata anggota Departemen Bencana Kesehatan dan Sosial Pusmit Unsoed, Arif Imam Hidayat di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Dia menambahkan bahwa cara pencegahan yang terbukti efektif adalah dengan menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

“Perkuat 5M yang terdiri dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas menjadi hal yang sekarang menjadi lebih penting,” katanya.

Jika semua masyarakat disiplin menerapkan ini, kata dia, maka diharapkan angka kejadian infeksi COVID-19 akan mampu diturunkan secara signifikan.

“Selain itu program vaksinasi juga harus terus dijalankan. Kita tidak tahu virus mana yang berada di sekitar kita sehingga kita perlu untuk terus mengupayakan vaksinasi,” katanya.

Baca juga: Pusmit Unsoed dukung pengembangan aplikasi EWS berbasis android

Baca juga: Akademisi: Terapkan perilaku masyarakat sadar bencana

Kendati demikian, kata dia, yang perlu diperhatikan adalah penumpukan warga ketika vaksinasi harus dijaga sesuai protokol yang baik. “Tujuannya agar tidak ada potensi kerumunan dalam proses pemberian vaksinasi,” katanya.

Selain itu, kata dia, upaya lain yang perlu dilakukan adalah rutin olah raga dan menghindari stres.

“Rutin olah raga dan menghindari stres akan mampu menjaga imun kita tetap ideal. Olah raga bisa dilakukan di rumah saja bersama dengan keluarga selama dua hingga tiga kali dalam sehari,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa upaya penanganan COVID-19 ini menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

“Pemerintah yang tegas dan masyarakat yang patuh akan mampu membuat Indonesia akan lebih cepat keluar dari krisis ini,” katanya.

Baca juga: Pakar Hidrologi Unsoed ingatkan pentingnya protokol banjir

Baca juga: KA Unsoed salurkan bantuan untuk korban banjir Pekalongan

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2239450/pusmit-unsoed-perkuat-penerapan-protokol-kesehatan


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments