Makanan khas tahun baru di dunia, soba hingga anggur

today31/12/2020

Background
Jakarta (ANTARA) – Perayaan tahun baru di dunia tak melulu sekadar kembang api dan bunyi terompet, tetapi juga diramaikan dengan makanan-makanan khas yang berbeda di setiap belahan dunia.

Apa saja makanan yang biasanya disajikan untuk merayakan Tahun Baru, berikut daftarnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

Soba

Mie soba berwarna kecokelatan yang dibuat dari gandum adalah makanan populer di Jepang yang juga biasa disantap pada akhir tahun. Mie yang bentuknya panjang jadi simbol panjang umur dan kemakmuran. Tradisi makan soba jelang tahun baru sudah ada sejak abad ke-17.

Anggur (Pexels)




Baca juga: Bandara Haneda di Tokyo yang biasa ramai kini lengang

Baca juga: Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

Anggur

Di Spanyol, ada tradisi makan 12 butir anggur ketika jarum jam menunjukkan pukul 12 malam, tanda pergantian tahun. Jumlah itu mewakili harapan keberuntungan untuk 12 tahun mendatang.

 

Herring (Pixabay)

Pickled herring

Pickled Herring adalah hidangan malam tahun baru istimewa di Polandia. Ikan herring direndam dalam air selama 24 jam dalam toples bersama potongan bawang, bumbu, gula dan cuka. Ikan ini dimakan tepat pada tengah malam bersama saus krim dan onion rings.

 

Wiski (Pexels)

Wiski

Bersulang dengan wiski untuk merayakan tahun baru adalah tradisi di Skotlandia, ditemani dengan sepotong fruitcake yang lezat.

Tamale (Pixabay)

Tamale

Makanan tradisional Amerika Tengah ini dibuat dari adonan pati berbahan dasar tepung jagung ditambah dengan daging, keju dan bahan lain, kemudian dikukus dalam daun pisang. Tamale yang kerap disantap di Meksiko ini disajkikan bersama sup menudo.

Oliebollen (Pixabay)

Oliebollen

Hidangan serupa donat, berbentuk bulat dan digoreng, adalah makanan khas Belanda yang biasa disantap jelang tahun baru.

 


Vasilopita
Kue khas tahun baru dari Yunani ini merupakan kue manis yang di dalamnya tersimpan koin tersembunyi. Orang yang mendapat potongan berisi koin akan mendapat keberuntungan.

 


Kuku Sabzi

Dibuat dari telur dan rempah, makanan ini disajikan sebagai hidangan tahun baru di budaya Persia. Kuku Sabza mirip dengan frittata Italia dan quiche Prancis. Biasanya makanan ini disanptap dengan roti dan yogurt atau salad. Makanan ini disajikan pada Nowruz, hari Tahun Baru di Iran.

Baca juga: Sajian kuliner khas Tahun Baru di China

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber :https://www.antaranews.com/berita/1921680/makanan-khas-tahun-baru-di-dunia-soba-hingga-anggur

Written by: admin

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!