“Lagu Baru dari Masa Lalu”, album apresiasi untuk musisi lawas

today16/06/2021

Background
Screenshot 2021 06 16 19 12 53

Screenshot 2021 06 16 19 12 53

Jakarta (ANTARA) – Lima lagu legenda Indonesia dari tahun 1980an, diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh sejumlah musisi yang tergabung dalam mini album “Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1”.

Album ini diprakarsai oleh MLDSPOT yang berkolaborasi dengan Yayasan Irama Nusantara yang bertujuan untuk melestarikan dan mempopulerkan kembali lagu-lagu yang pernah berjaya di Indonesia.

“Diharapkan melalui peluncuran mini album ini dapat menjadi momentum untuk memberi apresiasi terhadap pencipta musik lawas, memperkuat ekosistem, memperkaya khazanah musik yang ada di tanah air serta menginspirasi para pecinta musik di Indonesia,” ujar Goardan Saragih, perwakilan MLDSPOT dalam keterangan resminya pada Rabu.

Baca juga: Aransemen lagu lawas, NOAH tidak masalah dengan musisi asli

Irama Nusantara sendiri secara konsisten melakukan pengarsipan digital pada rilisan musik populer Indonesia sejak 2013. Irama Nusantara memiliki impian bahwa data-data digital musik legendaris Indonesia kelak dapat diapresiasi dan diselebrasi oleh generasi yang lebih muda.

“Bersama MLDSPOT tercetuslah ide membuat rilisan dalam bentuk mini album yang nantinya bisa menjadi upaya berkesinambungan dalam melestarikan musik-musik Indonesia yang berasal dari masa lalu. Rilisan ini akan memberikan dampak nyata, bukan hanya terhadap operasional Irama Nusantara tapi juga berbagai entitas musik yang terlibat di dalamnya,” kata Gerry Apriryan, program manager of Irama Nusantara Irama Nusantara.

Mini album “Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1” terdiri dari lima lagu yang dinyanyikan oleh Andien, Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan jawara MLDJAZZPROJECT musim perdana, Adoria.

Lagu pertama “Walau Dalam Mimpi” ciptaan David Mesakh, yang dipopulerkan oleh Ermy Kulit, dibawakan ulang oleh Dhira Bongs. Pada lagu kedua, “Senja dan Kahlua” milik grup band Transs yang digawangi oleh Fariz RM dan Erwin Gutawa kini dibawakan kembali oleh Kurosuke.

Baca Juga Abang None :  Mau jadi bagian "girlband"? GIRLS GIRLS buka audisi anggota baru

Baca juga: Piringan hitam lagu lawas diburu kolektor

Baik Dhira maupun Kurosuke sangat antusias dalam proyek ini sehingga hasilnya pun sangat mengejutkan. Balutan gaya musik elektronik kontemporer Dhira dan Kurosuke memberikan kesegaran untuk lagu yang populer di dekade 1980-an ini.

Selanjutnya, di nomor ketiga terdapat lagu “Terbanglah lepas” kepunyaan Yockie Suryoprayogo. Menariknya, lagu tersebut dinyanyikan ulang anak Yockie yakni Aya Anjani feat. Parlemen Pop dengan tetap mempertahankan nuansa kemegahan yang ada di lagu aslinya.

Lagu keempat, giliran kolaborasi Vira Talisa dengan Adoria lewat “Dunia Yang Ternoda” milik Jimmie Manopo. Kemudian ada Mondo Gascaro dan Andien yang sukses mengemas duet masyhur, Chrisye-Vina Panduwinata dalam “Kisah Insani”.

Proses mastering mini album ini dilakukan di Abbey Road Studios, London oleh Frank Arkwright. Untuk visualisasi mini album ini dipercayakan kepada (Lab) Rana, sebuah laboratorium fotografi analog yang didirikan oleh Fadli Aat, salah satu dari duet disc-jockey, Diskoria dan ditemani empat fotografer lainnya yaitu Syahril Zulkarnain, Sava Arum, Yassereno Omar H, serta Arief Wahyudi.

“Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia. Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang,” ujar Goardan.

Baca juga: Lagu lawas Paramitha Rusady bangkit karena TikTok

Baca juga: Lokananta gelar parade tembang lawas

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2215190/lagu-baru-dari-masa-lalu-album-apresiasi-untuk-musisi-lawas

Written by: admin


Previous post

F2C9198B 07FC 4F8C 87F6 637E22A1542B

Pemkot Palu gandeng BNI kembangkan “smart city”

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk memberikan solusi terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mengembangkan smart city.“Pada tahap awal, kerja sama ini akan diwujudkan melalui digitalisasi penerimaan daerah untuk mewujudkan penerimaan daerah yang efektif, efisien dan transparan” ujar Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.Adi Sulistyowati yang akrab dipanggil Susi itu menuturkan percepatan […]

today16/06/2021


Similar posts

Artikel

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang Lapak Ganjar promosi yang diinisiasi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berjalan efektif. Di antaranya mampu mengangkat UMKM menjadi lebih berkembang dan produknya bisa dikenal hingga ke luar negeri. Saat ditemui di tempat produksinya Jowahan RT 1 RW 5, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten […]

today01/12/2022

Artikel

Tangsel Sejiwa Fest Vol. 2 Ajak Masyarakat Rayakan Hari Jadi Kota Tangerang Selatan Ke-14 Dengan Tertib Bersama Deretan Artis Nasional

Sejiwa Fest Vol.2 (Sumber : Metro Banten) Tangsel Sejiwa Fest Vol. 2 sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Tangerang Selatan Ke-14, berjalan begitu meriah dengan antusiasme masyarakat yang luar biasa. Acara yang diadakan selama dua hari pada 19-20 November 2022 ini sukses membuat masyarakat terhibur oleh hadiah dari Pemerintah Kota Tangerang […]

today24/11/2022

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

0%
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x