Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


“La Famille Belier”, film keluarga dengan kisah mengharukan

Written by on 12/03/2021

Jakarta (ANTARA) – Kisah seorang gadis dengan bakat menyanyi yang hidup dalam keluarga berkebutuhan khusus hadir dalam “La Famille Belier”, selain ada sentuhan komedi film ini juga mampu menguras airmata.

“La Famille Bélier bercerita tentang Paula (Louane Emera) yang dibesarkan di lingkungan tani dan peternakan. Kedua orangtuanya, Rodolphe Belier (Francois Damien) dan Gigi (Karin Viard), tuli sekaligus bisu.

Baca juga: Film Une Barque Sur L’Ocean di 70 tahun hubungan Indonesia dan Prancis

Adik laki-lakinya, Quentin (Luca Gelberg) mengalami nasib serupa. Di sekolah, Paula bergaul karib dengan Mathilde (Roxane Duran). Suatu hari, ada audisi paduan suara yang menuntut peserta pamer vokal di depan guru, Pak Thomasson (Eric Elmosnino).

Mathilde ditolak karena suaranya dianggap bencana. Namun Paula diterima dengan alasan punya alto bagus. Di kelas itu, Paula mengenal Gabriel (Ilian Bergala) yang tampan juga pendiam. Dirasa punya vokal harmonis, Thomasson menjodohkan mereka dalam sebuah lagu.

Kejeniusan film ini terletak pada ide menempatkan remaja dengan bakat menyanyi di lingkungan keluarga yang tak bisa mendengar maupun bicara. Susah untuk meyakinkan orangtua bisu tuli bahwa putrinya pintar nyanyi.

Sepanjang film, akting dan penuturan menjadi daya tarik kunci. Kita bisa menebak dengan mudah ke mana muara cerita berbasis keluarga macam ini. Yang tak disangka, kepintaran Eric menyimpan “hidangan penutup” berupa adegan mengejar waktu dan suasana di ruang audisi.

Yang paling membuat ikut terharu adalah saat Paula memutuskan menyanyi sambil menggunakan bahasa isyarat. Mata ayah dan ibu Paula berkaca.

Saat selesai bernyanyi, mereka berdiri dan berteriak “Bravo, bravo!” meski tak jelas pelafalanannya. Sebuah babak pamungkas yang melegakan dan membawa kita pada pemahaman klasik, bahwa keluarga adalah segalanya.

“La Famille Belier” dirilis pada tahun 2014, namun belum lama ini dibuat versi remake dengan judul “CODA” yang memakan biaya hingga Rp350 miliar.

“CODA” berhasil mencetak sejarah dengan meraih penghargaan Sundance Film Festival terbanyak sepanjang masa dengan membawa pulang empat piala yakni “U.S. Grand Jury Prize: Dramatic”, “Audience Award: U.S. Dramatic”, “U.S. Dramatic Special Jury Award for Ensemble Cast” dan “Directing Award: U.S. Dramatic prize”.

“La Famille Belier” dapat disaksikan di KlikFilm untuk mengisi libur panjang akhir pekan bersama keluarga.

Baca juga: Marvel rilis sinopsis pertama “Eternals”

Baca juga: Sinopsis film sci-fi laga “Outside the Wire”

Baca juga: “The Empty Man” ungkap misteri hilangnya sekelompok remaja

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2037358/la-famille-belier-film-keluarga-dengan-kisah-mengharukan


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments