Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


Kemenkeu: Minat investor kembali meningkat di lelang SUN awal Februari

Written by on 02/02/2021

Demand investor pada lelang kali ini terlihat sangat solid tercermin dari bids yang masuk sebesar Rp83,8 triliun

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Keuangan mencatat kembalinya minat investor dalam lelang Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana pada awal Februari 2021 dengan tingginya penawaran masuk Rp83,8 triliun.

Demand investor pada lelang kali ini terlihat sangat solid tercermin dari bids yang masuk sebesar Rp83,8 triliun,” kata Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu, Deni Ridwan di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan terdapat kenaikan penawaran lebih dari 50 persen dibandingkan incoming bids pada lelang SUN sebelumnya pada Selasa (19/1), dengan bids to cover ratio juga meningkat dari 2,26 kali di lelang sebelumnya menjadi 2,39 kali.

Deni menambahkan fokus investor pada lelang SUN juga tertuju pada dua SUN seri benchmark yaitu FR0086 dan FR0087 dengan tenor 5 dan 10 tahun dengan total penawaran yang masuk dari keduanya mencapai Rp52,38 triliun.

Incoming bids untuk kedua seri tersebut mencapai 62,5 persen dari total, dimana tenor 10 tahun (FR0087) merupakan seri yang paling diminati dengan permintaan yang masuk mencapai Rp34,8 triliun,” katanya.

Ia mengatakan partisipasi investor asing pada lelang Selasa (2/2), mencapai 17,6 persen dari total seluruh penawaran, atau meningkat signifikan dari lelang SUN sebelumnya yaitu sebesar 13,7 persen.

“Persentase partisipasi asing di lelang perdana kali ini merupakan yang tertinggi selama tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, yield tertinggi yang dimenangkan (cut off rate) secara umum tercatat lebih rendah apabila dibandingkan dengan cut off rate pada lelang sebelumnya. Penurunan terbesar terdapat pada tenor 10 tahun yang mencapai 11 bps.

Sebelumnya, pemerintah melaksanakan lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana, pada Selasa (2/2), dan menyerap dana sebesar Rp35 triliun dari penawaran masuk mencapai Rp83,79 triliun.

Realisasi lelang tersebut memenuhi target indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp35 triliun.

Baca juga: Pemerintah serap Rp35 triliun dari lelang SUN

Baca juga: Kemenkeu: minat investor asing tinggi dalam lelang SUN awal tahun

Baca juga: Lelang SUN tambahan serap Rp15,5 triliun


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/1979394/kemenkeu-minat-investor-kembali-meningkat-di-lelang-sun-awal-februari


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *