Bens Radio

106.2 FM Jakarta

Current track

Title

Artist


IPB University-CV Nuansa Baru kerja sama hilirisasi Ransum Indigofera

Written by on 30/06/2021

Nuansa Baru

Jakarta (ANTARA) – IPB University menjalin kerja sama dengan CV Nuansa Baru untuk mengembangkan Teknologi Ransum Kambing Perah yang mengandung Indigofera.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Lisensi dilakukan oleh Wakil Rektor IPB University Bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University, Prof Erika B Laconi dan Direktur CV Nuansa Baru, Ifan Nur Irfana, S.Pt di kawasan Science Techno Park (STP), Kampus IPB University di Taman Kencana, Bogor.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Erika B Laconi mengatakan kerja sama itu merupakan langkah maju untuk pengembangan inovasi peneliti perguruan tinggi menuju komersialisasi produk.

“Dalam dua tahun terakhir, LKST telah menghasilkan 19 inovasi yang telah bekerja sama dengan industri dan memiliki kualitas yang baik,” katanya.

Baca juga: Pengembangan SDM perlu analisis kompetensi, kata dosen IPB

Baca juga: IPB University-Purinusa Ekapersada kerja sama restorasi lahan gambut

Ia menambahkan bermitra merupakan kekuatan IPB University dalam melakukan komersialisasi.

“Dan pada hari ini IPB University telah berhasil kembali bekerja sama dengan mitra dalam bidang peternakan,” tutur Guru Besar di Fakultas Peternakan IPB University itu.

Ransum Indigofera merupakan hijauan pakan yang berasal dari daun pilihan tanaman indigofera.

Dijelaskan, ransum itu merupakan teknologi alternatif yang dapat menjadi pengganti bahan hijauan pakan lainnya yang cenderung sulit diperoleh. Teknologi ini telah memiliki patent granted dengan nomor IDP000056252.

Teknologi produksi biomassa indigofera sendiri telah dikembangkan oleh inventor sejak tahun 2015 bekerja sama dengan masyarakat atau level Usaha Kecil dan Menengah (UKM), namun proses produksi pakan ternaknya belum dilakukan.

Sementara itu, inovator ransum indigofera IPB University, Prof Luki Abdullah merasa bangga dengan adanya kerja sama antara IPB University dengan CV Nuansa Baru.

“Terima kasih kepada mitra atas kepercayaan yang diberikan. Hasil akhir dari penelitian bukan hanya sekedar output, tetapi outcome,” ujarnya.

CV Nuansa Baru merupakan perusahaan yang berdiri sejak 2013 dan bergerak di bidang penjualan bahan baku seperti sawit serta pakan jadi.

“Kerjasama dengan IPB University ini difokuskan untuk meningkatkan pakan sehingga dapat bermanfaat khususnya bagi pelaku ternak. Saat ini kebutuhan pakan ternak dinilai sangat tinggi dan menjadi peluang yang cukup baik,” ujar Direktur CV Nuansa Baru.*

Baca juga: IPB University bahas pengembangan lumbung padi organik di Tanggamus

Baca juga: IPB University gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2241166/ipb-university-cv-nuansa-baru-kerja-sama-hilirisasi-ransum-indigofera


Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments