Hari Musik Sedunia 21 Juni dan sejarahnya

today19/06/2021

Background

Jakarta (ANTARA) – Hari Musik Sedunia atau World Music Day akan jatuh pada hari Senin, 21 Juni 2021. Ini adalah hari di mana semua orang dapat memainkan musik yang mereka sukai

Mengutip NDTV pada Sabtu, World Music Day atau Fete de la Musique adalah sebuah perayaan musik tahunan yang unik. Hari ini juga dikenal sebagai Music Day (hari musik) atau Make Music Day (hari membuat musik).

Para musisi muda dan musisi amatir biasanya akan mempertunjukkan kebolehan mereka. Hari Musik Sedunia juga memungkinkan siapa saja memainkan instrumen favorit mereka di taman dan ruang terbuka untuk dinikmati orang-orang.

Baca juga: Konser musik virtual “Indonesia Maju” dimeriahkan RAN hingga Slank

Para pecinta musik menyelenggarakan konser gratis dan acara musik lainnya. Hari Musik Sedunia sering kali bertepatan dengan perayaan musim panas.

Sejarah Hari Musik Sedunia

Hari Musik Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 1982 di Prancis bertepatan dengan perayaan Summer Solstice. Menteri Kebudayaan Prancis saat itu, Jack Lange adalah orang yang memulai Fete de la Musique di Paris.

Komposer musik terkenal lainnya yang juga berperan dalam berdirinya Hari Musik Sedunia adalah Maurice Fleuret. Perayaan ini kemudian menjadi populer di semua negara.

Baca juga: Didi Kempot hingga God Bless terima penghargaan di Hari Musik Nasional

Bagaimana Hari Musik Sedunia diperingati?

Setelah perayaan Hari Musik Sedunia pertama di Paris, festival ini menjadi fenomena internasional. Beberapa negara yang ikut merayakannya adalah India, Italia, Yunani, Rusia, Australia, Peru, Brasil, Ekuador, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Cina, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.

Para musisi baru dan juga veteran turun ke jalan untuk “membuat musik”. Biasanya pada Hari Musik Sedunia, banyak konser gratis diselenggarakan dan merupakan sebuah keharusan untuk dapat diakses oleh semua orang.

Pada hari ini, jalan-jalan Paris diramaikan dengan berbagai suara musik. Perayaan tersebut biasanya juga dihadiri oleh para turis karena ada beragam pesta, parade, pekan raya dan pesta dansa yang membuat Hari Musik Sedunia semakin meriah.

Baca juga: Iwan Fals rilis piringan hitam “Mata Dewa” rayakan Hari Musik Nasional

Baca juga: Menparekraf apresiasi Big Bang Indonesia peringati Hari Musik Nasional

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2221094/hari-musik-sedunia-21-juni-dan-sejarahnya

Written by: admin

Similar posts

ALL ARTIKEL

The Sounds Project Vol.7 Hadirkan Lebih dari 90 Nama untuk Line Up Utama

Sumber: Dokumentasi The Sounds Project Menjelang satu bulan menuju pergelarannya, The Sounds Project Vol.7 secara resmi mengumumkan line up utama yang akan ikut serta memeriahkan panggung The Sounds Project selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2024 di Ecovention & Ecopark Ancol. Lebih dari 90 nama […]

today12/07/2024

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Chat Bens Radio
1
Nyok Abang None Yang Mau Kirim2 Salam
Bens Radio 106,2 FM
Nyok Yang Mau Kirim2 Salam,
Abang None Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Penyiar Bens Radio Langsung Loh!!!