DKI mulai vaksinasi AstraZeneca dengan target RW padat

today06/05/2021

Background
antarafoto vaksinasi massal jakarta 310121 ak 7
Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menyuntikkan vaksin virus COVID-19 AstraZeneca di seluruh fasilitas layanan vaksinasi dengan target sasaran berusia 18 tahun ke atas yang diprioritaskan pada pemukiman rukun warga (RW) padat.

“Kita tetapkan di bulan Mei ini vaksin AstraZeneca kita pakai mulai per tanggal 5 Mei untuk suntikan dosis pertama pada RW-RW,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti melalui media “briefing virtual” di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan sejumlah RW padat terutama yang kumuh menjadi prioritas pemberian vaksin AstraZeneca karena didasari Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Pemukiman dalam Rangka Penataan Kawasan Pemukiman Terpadu.

Widyastuti mengatakan Gubernur Anies Baswedan juga sudah meminta para wali kota dan camat serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait sudah memberi arahan.

“Untuk Siaga untuk menyiapkan terkait skenario bahwa sudah mulai diberikan vaksinasi kepada usia 18 tahun ke atas di daerah-daerah RW kumuh,” ujar Widyastuti.

Usai vaksinasi AstraZeneca di pemukiman RW padat ini, target selanjutnya menyasar daerah yang terdapat atau berpotensi terjadi penularan varian baru COVID-19.

“Karena kita tahu sudah ada informasi tentang adanya varian baru di Indonesia dan di Jakarta,” ucap Widyastuti.

Terakhir, pihaknya akan menentukan lewat zonasi pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dengan mempertimbangkan skala prioritas zonasi.

“Setiap dua minggu tim tapem (tata pemerintahan) dan jajarannya menetapkan adanya zonasi di PPKM mikro di tingkat RT. Jadi tiap dua minggu sekali ada update mana-mana RT yang masuk dalam daerah zona yang paling berisiko,” tutur Widyastuti.

Widyastuti menyebutkan terdapat empat zonasi di PPKM mikro, yakni merah, oranye, kuning, dan hijau, namun daerah yang prioritas wilayah merah, serta oranye.

Baca Juga Abang None :  Kemarin, anggota DPR wafat diduga COVID-19 hingga soal larangan FPI

Widyastuti mengatakan saat ini Jakarta telah menerima alokasi vaksin AstraZeneca sebanyak 1,5 juta dosis.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mendistribusikan vaksin tersebut ke suku dinas kesehatan di setiap wilayah kota administratif, puskesmas kecamatan dan kelurahan, hingga ke fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Baca juga: Riza Patria: Halal-haram AstraZeneca DKI ikuti kebijakan pusat

Baca juga: Pengemudi ojek daring apresiasi program vaksinasi Pemprov DKI

Baca juga: Wagub DKI tinjau vaksinasi COVID-19 bagi buruh di Pondok Kelapa

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/2141098/dki-mulai-vaksinasi-astrazeneca-dengan-target-rw-padat

Written by: admin


Previous post

05.covid PSL 1

Dua orang lagi warga Pesisir Selatan meninggal akibat COVID-19

Painan (ANTARA) - Dua warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 setelah sepekan sebelumnya empat warga setempat juga meninggal dunia, kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat, Rinaldi di Painan, Rabu."Keduanya di makamkan hari ini," ujar dia.Satu dari dua yang meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki berumur 55 tahun, ia menjabat sebagai kepala SD di Kecamatan Batang Kapas.Almarhum beralamat di Kampung Ladang Jalamu, Nagari IV […]

today06/05/2021

Post comments (0)

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

0%
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x