Yang Perlu Diperhatikan Setelah Mobil dipakai Mudik

Sumber Foto : IndonesiAutosBlog

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Pastikan anda mencuci kendaraan anda baik bagian body maupun kolong, ruang mesin hingga interior. Saat membersihkan secara mendetail, atau saat mobil diangkat untuk membersihkan kolong, lakukan pemeriksaan secara cermat. Khususnya di bagian kaki-kaki dan tempat-tempat yang dapat ditemukan rembesan oli. Mencuci mobil ini akan terasa sangat penting terutama anda yang menyempatkan liburan lebaran ke pantai, untuk menghindari karat yang disebabkan kadar garam.

Selain itu, dalam perjalanan mudik biasanya kita kerap kali melewati jalan berlubang atau berkondisi kurang baik. Keadaan tersebut tentu dapat membuat komponen kaki-kaki seperti shock, ball joint, tie rod dan lainnya menjadi rusak dan butuh penggantian. Jadi anda dapat memeriksanya sendiri di tempat pencucian sebelum membawanya ke bengkel.

2. Periksa Oli

Oli biasanya menjadi komponen yang paling sering diganti jika mobil mau dipakai mudik. Mesin bekerja bisa dikatakan bekerja sangat ekstra saat arus mudik. Selain jarak tempuh yang lumayan jauh, kemacetan yang cukup panjang bisa menjadi tambahan tolak ukur perlu atau tidaknya mengganti oli. Jika biasa anda mengganti oli setiap 5 ribu km dan perjalanan mudik pulang pergi menghabiskan jarak 3 ribu km mungkin terasa kalau oli masih bisa dipakai sekitar 1500 atau 2000 km lagi. Namun anda harus mempertimbangkan juga berapa jam mobil berhenti karena macet sedangkan mesin dalam kondisi yang menyala. Karena saat mobil berhenti, oli pada mesin tetaplah bekerja. Ada baiknya mengganti oli mesin ketika pulang dari mudik.

3. Periksa Kopling dan Rem

Setelah perjalanan jauh, jangan lupa untuk periksa komponen rem dan kopling. Perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi dan kondisi macet biasanya akan membuat kampas rem atau kopling bekerja secara maksimal yang dapat membuat menjadi tipis. Meski masih bisa digunakan dan tidak harus diganti, lakukan pemeriksaan seperti membersihkannya dari debu maupun kampas rem yang terkikis.

4. Cairan

Periksa air radiator, aki (apabila menggunakan aki basah) dan washer wiper, minyak rem, oli transmisi harus kembali dicek. Jika perlu, tambahkan bila jumlahnya kurang dari batas minimum.

5. AC

Apabila AC mobil anda tidak dingin / kurang sejuk, dapat melakukan pemeriksaan dan cek kondisi freon, bisa saja freon berkurang bahkan habis setelah dipakai hampir seharian dalam perjalanan mudik.

6. Mesin

Periksa munculnya kondisi aneh seperti suara-suara yang timbul atau timbulnya rembesan cairan maupun oli. Periksa juga kondisi V-Belt apakah masih dalam kondisi normal atau terdapat retak. Jika menemukan masalah, segeralah bawa ke bengkel untuk perbaikan komponen tersebut.

Sumber : www.otomart.id