World Tourism Day Penting bagi Pariwisata

Bertempat di Monumen Nasional Jumat sore 4 Oktober 2019, digelar World Turism day – dimana seperti kita ketahui setiap tanggal 27 September telah disepakati dunia sebagai Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD). Pada tahun ini 2019 Hari Pariwisata Dunia telah memasuki tahun ke-39 sejak diresmikan bertahun-tahun lalu di Spanyol.

World Tourism Day bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya dampak pariwisata terhadap nilai budaya, sosial, ekonomi, politik serta lingkungan, serta pentingnya untuk terus memberikan kesadaran tentang pariwisata sebagai kontributor dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). TEMA Perayaan Hari Pariwisata Dunia 2019 diadakan (official celebration) di India dengan tema “Tourism and Jobs: A Better Future for All”.
Sayangnya Indonesia selama 39 tahun belum pernah mendapat kesempatan ditunjuk secara resmi sebagai official celebration, karena dianggap belum pernah mengadakan 3 kali secara nasional berturutturut peringatan WTD tersebut di Indonesia. Setelah 2018 lalu WTD dilaksanakan di Universitas Podomoro Jakarta. Kali ini, WTD 2019 tetap dilaksanakan yang merupakan program UNWTO dengan tema yang sama yaitu: “Tourism and Jobs: A Better Future for All”, bertempat di Monumen Nasional (Monas) sore ini. Tema ini sengaja diangkat karena pariwisata adalah untuk siapapun dan bisa diaplikasikan dimana saja, serta mampu menampung tenaga kerja dengan prospek yang lebih baik, namun harus tetap menyoroti seberapa besar kontribusi industri pariwisata terhadap pembangunan dan meminimalkan dampak negatifnya.

Semoga Peringatan Hari Pariwisata Dunia 2020 dapat tetap kita adakan, sehingga kita bisa ditunjuk oleh UNWTO untuk menyelenggarakan secara resmi (official celebration).

Sumber : Aldin – Frontline A.Komunika/ avant-garde