Wisata Kepulauan Seribu Kembali Eksis

Bagi Anda para pecinta wisata air terutama laut, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu pulau indah yakni Kepulauan Seribu. Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta, membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata favorit.

Untuk terus menarik perhatian banyak wisatawan domestik ataupun mancanegara, pihak Kepulauan Seribu terus melakukan perbaikan dan juga promosi. Salah satu bentuk ajang promosi tersebut adalah diadakannya acara Kepulauan Seribu Water Sport Competition, pada tanggal 16-17, dan 23-24 November 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tersebut berhasil mendatangkan ratusan peserta dari penjuru Tanah Air.

Cucu Ahmad Kurinia selaku Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pulau Seribu mengatakan bahwa semakin banyak acara yang digelar oleh pihak terkait dari Kepulauan Seribu, maka diharapkan mendatangkan banyak wisatawan, karena publikasi yang semakin besar. 

Cucu juga bercerita mengenai perkembangan wisata di Kepulauan Seribu. Ia mengatakan bahwa wisata Kepulauan Seribu khususnya Pulau Tidung mulai menggeliat ketika jembatan cinta dibangun. Kemudian pulau tersebut sempat sepi pengunjung atau meredup. Eksistensi Kepulauan Seribu kembali diraih setelah ditetapkan sebagai Sepuluh Bali Baru di Indonesia.

“Jadi Pulau Tidung itu sebenarnya pertama kali menggeliatnya Pulau Seribu itu dari Pulau Tidung, dimulai dengan adanya jembatan cinta sekitar tahun 2005-an. Tapi kemudian meredup, kemudian lima tahun terakhir ini mulai menggeliat lagi terutama semenjak ditetapkan pulau seribu sebagai sepuluh Bali baru di Indonesia,” kata Cucu.

Cucu juga menjelaskan bahwa ada dua pilihan wisata di kepulauan Seribu, yakni pulau penduduk dan pulau resort. Hal itu disesuaikan dengan biaya atau budget yang dimiliki para wisatawan.

“Pilihannya ada dua dari pulau seribu, mau ke pulau penduduk atau ke pulau resort tergantung budget. Pulau penduduk yang sekarang dinikmati itu Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan. Untuk pulau resort ada 7,” jelasnya.

Sumber : www.viva.co.id