Wayang Ajen, Konsep Pemanggungan Wayang Kekinian

Wayang Ajen dinilai bukan hanya memberi hiburan tetapi juga mengedukasi masyarakat, khususnya untuk melestarikan seni Wayang Golek.

Wayang Ajen sukses memukau masyarakat Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya pada pekan lalu. Dalam pementasannya kali ini, Ki Dalang Wawan Ajen mengangkat cerita Aji Narantaka.

Ki Dalang Wawan Ajen tampil lugas dan simpel. Namun, tetap mengedepankan kesesuaian antara cerita dan nilai-nilai kehidupan.

Wayang Ajen kerap menyisipkan daya tarik utamanya, di antaranya konsep pemanggungan wayang kekinian.

“Panggung Wayang Ajen adalah destinasi pariwisata budaya. Tersaji atraksi yang lengkap dan apik sebagai paduan potensi kultur yang saling melengkapi,” kata Dalang Wayang Ajen Wawan Gunawan.

Ki Dalang Wawan Ajen dalam pertunjukannya diperkuat dengan kolaborasinya dengan ceramah Danial Lutfi yang juga menjelaskan jika ada pesan moral yang terkandung dari pementasan ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku sangat senang dengan misi yang diusung Wayang Ajen. “Wayang Ajen adalah representasi dari budaya. Khususnya Jawa Barat. Yang menarik, Wayang Ajen selalu memberikan edukasi. Selalu ada pesan moral kepada masyarakat. Dan pesan ini berlaku untuk semua golongan,” katanya.

Sumber : www.cnnindonesia.com